Bumi Bulat Atau Datar? Sebenarnya Nggak Perlu Kirim Satelit untuk Membuktikannya

Bumi Bulat Atau Datar? Sebenarnya Nggak Perlu Kirim Satelit untuk Membuktikannya

Belum lama ini planet bumi digegerkan dengan dua kubu yang berseteru hebat. Perseteruan ini karena masalah bumi bulat atau datar sebenarnya.

Banyak yang yakin kalau bumi itu aslinya datar. Makanya hal itu bikin gemes dan jadi perdebatan panjang. Karena kaum flat earther (julukan buat kaum bumi datar) memiliki argumen yang menarik untuk didebat.

Sebenarnya gak perlu sampai mengirim satelit segala untuk membuktikan bumi itu bulat. Cuma dengan beberapa fakta ini saja. Berikut penjelasannya.

Venus dan Merkurius (singularityhub.com)

Venus dan Merkurius di malam hari

Ada anggapan dari seorang youtuber yang mengatakan bahwa bumi itu benar-benar datar. Ia bernama D Marble yang mengatakan, "Kepada orang-orang yang percaya Bumi bulat, jika Bumi benar-benar bulat bagaimana bisa planet-planet antara Bumi dan Matahari dilihat pada malam hari."

Sebenarnya hal ini justru semakin membalikan pernyataannya karena ketika kita melihat planet Venus dan Merkurius berbentuk bulat, berarti intinya planet itu....?

Semua foto luar angkasa hasil edit Photoshop

Banyak yang beranggapan terutama kaum bumi datar pastinya, mereka menganggap gambar-gambar bumi yang diambil oleh astronaut dari luar angkasa itu palsu.

Padahal nyatanya gambar Bumi pertama diambil pada 7 Desember 1972 menggunakan kamera Hasselblad 70 milimeter dari jarak sekitar 29 ribu kilometer dari Bumi.

Bumi tidak bergerak (animationmagazine.net)

Bumi tidak bergerak

Ada fakta yang menggemaskan lagi dengan pernyataan kaum Bumi datar kalau bumi itu tak bergerak. Padahal nyatanya sekarang aja Bumi berotasi dengan kecepatan 1.600 kilometer per jam lho.

Lalu kenapa kita tak bisa merasakanya? Ya karena putaran Bumi yang konstan lah yang membuat kita tak terasa. Bayangkan kalau terasa, bisa kacau tuh gedung dan rumah-rumah.

Belum pernah ada yang pernah melewati Dinding Antartika

Kaum Bumi datar mengklaim kalau Antartika adalah sebuah dinding es raksasa yang menjaga kita agar tidak jatuh. Untuk mendukung teori tersebut kaum Bumi datar mengklaim tak ada yang pernah melintasinya selama ini.

Padahal, manusia sudah sering melintasi Antartika. Bahkan ada tempat di Antartika ditemukan sebuah gubuk radio, bekas laboratorium Uni Soviet, dan patung Vladimir Lenin gengs. Nah lo!

Ufuk langit (id.wikipedia.org)

Pemandangan ufuk langit tidak lengkung

Menurut pendapat kaum-kaum Bumi Datar mereka mengatakan kalau ufuk langit sebagai bukti utama kalau Bumi itu bentuknya datar.

Namun mereka lupa kalau Bumi punya rata-rata diameter 12.742 kilometer. Artinya ukuran Bumi itu gede banget dan bikin kita tidak bisa melihat langsung dari permukaan Bumi.

Jadi begitulah sebuah pembuktian bumi bulat atau datar. Nggak perlu sampai pake satelit segala kan akhirnya? Gimana tanggapan kalian?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"