Bukan Presiden, Kenapa Foto Benjamin Franklin Ada Pada Pecahan Tertinggi $100?

Bukan Presiden, Kenapa Foto Benjamin Franklin Ada Pada Pecahan Tertinggi $100?

Dalam lembaran nominal tertinggi uang rupiah ada foto pasangan Presiden dan Wakil Presiden pertama Indonesia. Yak, dalam lembaran uang seratus ribu rupiah ada foto Bapak Sukarno dan Bung Hatta. Keduanya juga pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Nah, tahu gak sih gengs, kalau dalam lembaran uang dengan nominal tertinggi di Amerika, gambarnya bukan Presiden. Justru ada foto Benjamin Franklin dalam lembaran uang $100 AS.

Lah, kok bisa malah foto Benjamin Franklin yang dipasang??

Benjamin Franklin (pbs.org)

Uang $100 AS dengan foto Benjamin Franklin udah beredar sejak tahun 1914 berdasarkan data Federal Reserve. Selain Benjamin, sosok bukan Presiden yang menghiasi mata uang AS adalah Alexander Hamilton pada uang $10.

Uang kertas $100 bukan satu-satunya mata uang yang menggunakan sosok Franklin. Dia muncul dalam dolar antara tahun 1948 dan 1963. Dia juga ditampilkan pada tanda Perang Sipil dengan frase terkenal yang terkait dengannya, "satu sen yang disimpan adalah satu sen yang didapat".

Uang kertas $100 dan foto Benjamin Franklin (stipplr.com)

Ternyata nih, Benjamin Franklin adalah tokoh yang penting dalam pembangunan bangsa Amerika. Dia adalah bapak pendiri yang paling penting, tertua dan orang yang paling berkontribusi dalam perjuangan kemerdekaan.

Sama kayak pasangan Sukarno-Hatta di Indonesia nih gengs. Franklin juga termasuk sosok pahlawan besar buat Amerika dan rakyatnya.

Franklin menandatangani Perjanjian Aliansi dengan Prancis, meyakinkan pemerintah Prancis untuk mendukung Amerika melawan Inggris yang kuat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"