Bukan Mitos Loh! Gini Penjelasan Ilmiah Soal Keberadaan Naga

Bukan Mitos Loh! Gini Penjelasan Ilmiah Soal Keberadaan Naga

Kamu pasti tahu sama makhluk kuat dan mistis kayak naga. Biasa ada di dongeng atau cerita fantasi. tapi tahu gak sih ada penjelasan ilmiah soal naga?

Gak ada reptil terbang yang punya nafas api. Gak akan pernah ada di kehidupan nyata. Memang benar tidak ada naga api yang pernah ditemukan, namun makhluk seperti kadal terbang ada dalam catatan fosil.

Naga bukan mitos!

Naga bukan mitos! Naga bukan hanya mitos (gameofthrones.fandom.com)

Para ilmuwan umumnya setuju burung modern berevolusi dari dinosaurus terbang, jadi tidak ada perdebatan tentang apakah naga bisa terbang. Pertanyaannya adalah apakah mereka bisa cukup besar untuk memangsa orang dan ternak. Jawabannya adalah ya, bisa jadi.

Pterosaurus Quetzlcoatlus northropi adalah salah satu hewan terbang terbesar yang pernah diketahui. Perkiraan ukurannya bervariasi. Kemungkinan lebar sayapnya 11 meter dengan berat sekitar 200 hingga 250 kilogram. Gede kan gengs?

Ada beberapa teori tentang mengapa burung modern tidak sebesar dinosaurus prasejarah. Beberapa ilmuwan percaya bahwa pengeluaran energi untuk memelihara bulu menentukan ukuran. Lainnya menunjukkan perubahan dalam komposisi iklim dan atmosfer Bumi.

Sementara naga di masa lalu mungkin cukup besar untuk membawa domba atau manusia, naga modern memakan serangga dan kadang-kadang burung dan mamalia kecil.

Pterosaurus Quetzlcoatlus northropi (blogs.bu.edu)

Namanya kadal iguan keluarga Agamidae. Termasuk keluarga naga berjenggot yang dijinakkan dan naga air Cina dan juga genus liar Draco.

Draco spp. adalah naga terbang. Kadal yang bisa meluncur dengan jarak sejauh 60 meter. Kamu bisa menemukan naga terbang yang hidup di Asia Selatan ini, di mana mereka relatif umum. Yang terbesar hanya tumbuh hingga panjang 20 sentimeter. Gak usah takut dimakan.

Sementara naga Eropa adalah binatang bersayap besar, naga Asia lebih mirip ular dengan kaki. Sebagian besar dari kita menganggap ular sebagai makhluk yang hidup di darat, tetapi ada ular yang "terbang" dalam arti mereka bisa meluncur di udara untuk jarak yang jauh.

Berapa jauh jaraknya? Pada dasarnya, ular-ular ini dapat tetap mengudara di sepanjang lapangan sepak bola. Chrysopelea Asia spp. ular "terbang" hingga 100 meter.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"