Bukan Dito Ariotedjo, Ternyata Orang Ini Jadi Menteri Termuda di Indonesia

Bukan Dito Ariotedjo, Ternyata Orang Ini Jadi Menteri Termuda di Indonesia

Presiden Jokowi melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga pada Senin (3/4). Usia Dito Ariodtedjo baru 32 tahun. Ia memang jadi menteri termuda di Indonesia saat ini. Tapi jangan salah, karena ada orang yang jadi menteri termuda sepanjang sejarah Indonesia. Namanya Setiadi Reksoprodjo.

Mengutip dari Wikipedia,Setiadi Reksoprodjo mulai eksis dalam dunia politik setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945. Saat itu ia menjadi kader Partai Sosialis Indonesia, bahkan menjadi Ketua Pemuda Sosialis Indonesia di Cirebon, Jawa Barat. Pernah juga menjadi Ketua Komite Nasional Indonesia Cirebon.

Lama tinggal di Cirebon, Setiadi memutuskan untuk hijrah ke Yogyakarta yang saat itu menjadi ibu kota Indonesia pada 1947. Kala itu Setiadi menjabat sebagai Kepala Biro Hubungan Masyarakat Departemen Pekerjaan Umum. 

Menteri Termuda di Indonesia Bukan Dito Ariotedjo (MSN)

Puncak karier sebagai menteri termuda di Indonesia justru dimulai ketika Perdana Menteri Indonesia saat itu Amir Sjarifoeddin menunjuk Setiadi menjadi anggota kabinetnya. Setiadi saat itu masih berusia 25 tahun 7 bulan. Ia menduduki kursi sebagai Menteri Penerangan. Setiadi memiliki banyak pengalaman dalam bidang penerangan dan informasi karena pernah memiliki stasiun radio.

Lima bulan menjadi Menteri Penerangan, jabatan Setiadi digeser oleh Perdana Menteri, dari Menteri Penerangan menjadi Menteri Muda. Tahun 1948 kabinet dibubarkan. Setiadi tidak melanjutkan diri sebagai politikus dan memilih menjadi pengusaha. Bahkan Setiadi pun keluar dari partai politik.

Namun siapa sangka jika hatinya terpanggil ketika Presiden Soekarno pada tahun 1965 memintanya untuk menjadi Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik Indonesia. Setiadi tidak bisa menolak permintaan Soekarno dan kembali menjabat sebagai menteri. Saat itu usia Setiadi sudah 43 tahun. Pada tahun 2010 Setiadi meninggal dan dimakamkan di TMP Kalibata Jakarta.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"