Buat yang Pengin Renovasi Rumah, Berikut Adalah Standar Tinggi Anak Tangga

Buat yang Pengin Renovasi Rumah, Berikut Adalah Standar Tinggi Anak Tangga

Di dalam rumah generasi milenial, tangga adalah salah satu komponen yang biasanya selalu ada. Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui standar tinggi anak tangga.

Buat apa? Setidaknya kalo kita menyerahkan pada kontraktor, tak ada perhitungan yang luput. Kemungkinan diakali pun akan jadi semakin kecil.

Tangga (mc-mc-mc.info)

Nilai plusnya, bukankah wawasan yang semakin luas akan mempermudah kita untuk mengambil keputusan? Ya, siapa juga yang nggak mau kalo hidupnya dipermudah?

So, kalo kalian masih betah dan penasaran untuk mengetahui ukuran standar tangga rumah minimalis dan cara menghitungnya, simak kuy uraian di bawah. Cekidot, ya.

Lebih dalam mengenai fungsi tangga

Desain tangga yang baik bisa membuat pengalaman menggunakannya terasa nyaman, nggak bisa capek, dan indah dipandang karena terpadu dengan desain ruangan.

Maka dari itu, untuk mendapatkan hasil tersebut, dibutuhkan perjuangan khusus dan lebih berat. Perlu perhitungan matematis yang teliti dan nggak bisa asal jalan.

Desain tangga (99.co)

Sebagai penjelas, tangga terdiri dari beberapa komponen. Komponen tangga itu yakni pijakan (sisi horisontal yang digunakan sebagai pijakan kaki) dan tinggi anak tangga (sisi vertikal).

Standar tinggi anak tangga

Untuk mengetahui tinggi anak tangga yang pas diterapkan di rumah, kita perlu memperhitungkannya berdasarkan luas dari ruangan. 

Jika ruangannya cukup luas, kita bisa menggunakan tinggi 17,5 cm. Namun, kalo sempit, maksimal tinggi tangga yang bisa digunakan adalah 20 cm.

Standar tinggi anak tangga (arginuring.com)

Nah, cara termudah untuk memeriksa ketinggian anak tangga adalah dengan memanfaatkan jari tangan.

Kalo kalian lebih teliti memperhatikan, jarak antara kelingking ke jempol adalah 20 cm. So, ukuran satu jengkal telapak tangan orang dewasa bisa dijadikan patokan.

Cara menghitung anak tangga dan bordes

Kalo kamu pengin merasakan kenyamanan saat naik tangga, perlu dipenuhi beberapa persyaratan yang disesuaikan dengan standar ergonomi yang berlaku umum.

Standar perencanaan tangga itu menggunakan hitungan dengan rumus: dua kali tinggi ditambah satu kali panjang pijakan datar (2T+P).

Cara menghitung anak tangga (arginuring.com)

Dari perhitungan itu, standar tinggi anak tangga yang biasanya dipakai sekira 58 cm hingga 63 cm. Sedangan ukuran-ukuran di atas diperoleh dari logika ukuran kaki pada umumnya dan langkah rata-rata orang yang menggunakannya.

Nah, cara kedua untuk menghitung anak tangga adalah dengan skema untuk desain yang curam. Rumusnya adalah (2xT) + (1xL) dengan definisi T adalah tinggi anak tangga dan L adalah lebar anak tangga.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"