Buat Penggemar Baru, Begini Lho Urutan Film Star Wars

Buat Penggemar Baru, Begini Lho Urutan Film Star Wars

Dalam sejarah perfilman, Star Wars bisa disebut sebagai salah satu film yang memiliki penggemar sangat banyak. Banyak yang memastikan bahwa jumlah penggemar film fiksi-ilmiah ini lebih besar dari basis penggemar film Harry Potter!

Benarkah demikian? Hingga saat ini, hal itu masih asumsi belaka. Namun, kalau kita melihat dampak yang ditimbulkan dari film ini asumsi tersebut bisa jadi ada benarnya.

Film Star Wars (mashable.com)

Dampak yang seperti apa? Yah, bagaimanapun, film Star Wars bisa jadi tonggak dalam film fiksi-ilmiah bertemakan perang luar angkasa. Produksinya pun hanya selang bentar dari franchise yang bertema serupa dan memiliki penggemar nggak kalah banyak, yakni Star Trek.

Sekilas tentang film Star Wars

Untuk informasi singkat, Star Wars adalah sebuah film franchise bertemakan perang bintang hasil karya George Lucas. Saking besar pengaruhnya film ini, sejak kemunculan hingga kini, Star Wars menjadi kultur populer tersendiri di kalangan milenial.

Serial ini sendiri dimulai dari "Episode IV: A New Hope" yang dirilis tahun 1977. Mendapat sambutan yang sangat hangat dan 'panas', serial ini pun langsung disusul dengan kelanjutannya, yakni "Episode V: The Empire Strikes Back" (1980) dan "Episode VI: Return of the Jedi" (1983).

Ketiga judul di atas adalah trilogi original dari serial Star Wars. Mengingat animo masyarakat, George Lucas pun menyusul produksinya dengan trilogi prequel yang terdiri dari "Episode I: The Phantom Menace (1999) dan "Episode II: Attack of the Clones" (2002) dan "Episode III: Revenge of the Sith" (2005).

Menurut penjelasan dari George Lucas, prequel susulan ini melengkapi penjelasannya tentang Darth Vader, salah satu karakter villain dari film ini. Itulah mengapa, banyak orang menyebut prequel ini sebagai "Tragedi Darth Vader".

Lama nggak terdengar, beberapa tahun terakhir penggemar kembali dibuat bersemangat dengan kemunculan trilogi sequel lainnya, yakni "Episode VII: The Force Awaken" (2015), Episode VIII: The Last Jedi" (2017) dan akan diakhiri dengan Episode XI di tahun 2019 ini.

Urutan saat menonton film Star Wars

Nggak ada batasan umur juga bagi penggemar yang ingin memulai nonton film ini. Sekalipun untuk produksi awal, karena keterbatasan teknologi, film terasa kaku dan jadul, tapi nggak mengurangi pengalaman penonton untuk menikmati perjalanan para pemeran film Star Wars.

Nah, untuk penggemar pemula, yang kerap jadi masalah adalah menentukan urutan film Star Wars. Mengingat, setiap film yang diluncurkan seakan-akan memiliki kisah tersendiri dan bisa dimaknai terpisah dari yang lainnya.

Untuk kalian yang baru dan pengin maraton serial Star Wars, nggak perlu khawatir. Seorang blogger asal Colorado, Rod Hilton, sudah berbaik hati membuatkan daftar urutan cerita dari film Star Wars. Setidaknya, bisa membantu kalian untuk memahami keseluruhan cerita dari film ini, kan?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"