Boleh Nggak Sih Kalau Orangtua Cium Bibir Anak yang Masih Kecil? Ini Penjelasan Menurut Psikolog

Boleh Nggak Sih Kalau Orangtua Cium Bibir Anak yang Masih Kecil? Ini Penjelasan Menurut Psikolog

Orangtua yang mencium anaknya yang masih kecil menandakan bentuk kasih sayang. Biasanya orangtua mencium pada bagian dahi dan pipi. Namun ada juga lho orangtua yang mencium anaknya di bibir. Memang psikologis anak-anak mungkin belum mengerti, namun apakah akan berpengaruh ketika anak-anak tumbuh sebagai remaja dan dewasa?

Seorang psikolog bernama dr.Charlotte Reznick dari Amerika Serikat memberikan penjelasan bahwa anak yang sering dicium bibir oleh orangtua akan membuat anak terstimulasi oleh ciuman di bibir mereka. Belum lagi kalau anak sering melihat ayah dan ibunya berciuman di bibir dan orangtua juga lakukan ciuman bibir kepada mereka.

"Ini menjadi sesuatu yang membingungkan dan mempengaruhi perasaan, emosi, dan peran mereka," ujar dr.Charlotte dilansir dari The Asian Parent. Ia menyarankan orangtua untuk mulai berhenti mencium bibir anak mereka untuk mencegah kebingungan anak.

Ilustrasi Orangtua Cium Bibir Anak (The Asian Parent)

Sementara dr.Fiona Martin tak sepakat dengan tanggapan dr..Charlotte. Ia menyebut bahwa orangtua yang mencium bibir anak bukan sesuatu tindakan seksual ataupun absurd. "Dengan cara itu anak berkomunikasi dengan anak-anak bawa orangtua mencintai anaknya, ini hal normal dan sehat,"ungkap dr.Fiona.

Ia menambahkan jika seorang anak saat masih kecil sering dicium orangtua pada bagian bibir akan mempengaruhi masa depannya. "Tidak ada penelitian yang menunjukan bahwa mencium bibir anak dapat menciptakan masalah di kemudian hari," tambah dr.Fiona.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"