Bingung Bagaimana Cara Merawat Telinga yang Benar? Simak dan Catat Kuy

Bingung Bagaimana Cara Merawat Telinga yang Benar? Simak dan Catat Kuy

Sebagai seorang manusia, pendengaran adalah nikmat yang sulit digantikan. Melalui telinga, kita bisa mengetahui saat seseorang menggunjing di belakang, atau dipanggil orang dari kejauhan.

Dengan telinga yang sehat, kita pun bisa menikmati keindahan alunan musik, merdunya suara idol di channel YouTube, atau romantis gombalan dari pacar yang sulit tergantikan.

Namun, ada banyak problem dan tantangan yang bisa mengurangi kesehatan telinga. Salah satunya adalah karena suka mendengarkan musik melalui headset dengan volume tinggi. Faktor lainnya, karena polusi suara akibat deru mesin kendaraan, mesin pabrik, atau kebisingan lainnya.

Mendengarkan musik (indiatimes.com)

Oleh karena itu, kini, cara merawat telinga adalah hal yang wajib kita ketahui. Dan biar bisa selalu menikmati keindahan dunia, berikut adalah cara merawat telinga agar tidak tuli yang wajib kamu coba.

Ciri-Ciri Telinga yang Baik dan Sehat

Sebelum kita mulai membahas DIY merawat telinga, terlebih dahulu kita wajib mengetahui ciri-ciri dari telinga yang sehat. Mengapa, biar kamu bisa membedakan antara telinga yang mulai rusak dan yang masih sempurna.

Menurut ahli kesehatan, telinga yang sehat adalah telinga yang bersih dan nggak memiliki gangguan. Biasanya diidentikkan dengan pendengaran yang masih bagus dan terjaga kebersihannya.

Telinga yang sehat (sehatnegeriku.kemkes.go.id)

Kebersihan penting bagi telinga. Hal ini bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan telinga. Sedangkan telinga yang bersih juga tanda telinga yang terhindar dari gangguan.

Cara Merawat Telinga yang Baik

Ada beberapa langkah yang wajib kamu lakukan untuk menjaga kesehatan telinga. Langkah pertama adalah dengan menjaga kebersihannya. Sedangkan langkah lainnya, yakni: 

 1. Rutin Periksa ke Dokter Telinga

Telinga juga salah satu bagian tubuh yang baiknya rutin kita periksakan ke dokter. Harus disadari, seiring bertambahnya usia, semakin rentan telinga untuk terkena penyakit atau gangguan lainnya.

 2. Jangan Keseringan Pakai Earphone

Mendengarkan musik (trendsnhealth.com)

Kini earphone adalah salah satu perangkat yang pasti dimiliki oleh sebagian besar dari kita. Ngetren dan bikin makin nikmat untuk mendengarkan musik.

Namun, kalo terlalu sering menggonakan alat ini, bisa berpotensi bikin telinga nggak sehat. Tim kesehatan Halodoc menganjurkan agar nggak menggunakan earphone lebih dari satu jam.

3. Minimalisir Penggunan Cotton Bud

Biasanya kita membersihkan telinga menggunakan cotton bud. Sayangnya, hal ini sebenarnya kurang baik lho kalo sampai kamu lakukan.

Cotton Bud (klikdokter.com)

Pasalnya, bersihin telinga pake cotton bud bisa bikin kotoran telinga malah terdorong makin dalam. Nah, kotoran yang terdorong ini nantinya bisa mengendap, lho di bagian dalam.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"