Biaya Pernikahan Tidak Selalu Ditanggung Oleh Fihak Cowok Kok, Kamu Harus Gini!

Biaya Pernikahan Tidak Selalu Ditanggung Oleh Fihak Cowok Kok, Kamu Harus Gini!

Ketika kamu sudah memutuskan akan menikahi seorang perempuan yang kamu cintai, itu artinya kamu sudah harus siap secara mental dan finansial untuk menghidupi anak orang.

Ini sudah jauh berbeda dengan kasus kamu mengutarakan cinta dan menembak seorang wanita, karena pernikahan itu adalah sebuah proses pengikat janji seumur hidup. Cinta kalian akan di legalkan dalam sebuah proses yang dinamakan pernikahan.

Kadang terkait biaya dalam prosesi pernikahan itu masih sering menjadi kesalah pahaman kepada kedua belah pihak keluarga. Masih banyak yang berfikiran kalau dalam biaya pernikahan itu ditanggung oleh pihak laki-laki, padahal sih gak begitu juga. Inilah beberapa cara meyakinkan kalau biaya nikah itu tak selalu ditanggung oleh laki-laki.

Konsultasi dengan tetua adat (Kompasiana.com)

1. Konsultasi dengan tetua adat

Kamu perlu banget konsultasi dengan tetua adat wanita yang ingin kamu nikahi. Sebagai contoh adat Jawa, Sunda dan padang biasanya biaya pernikahan akan dibebankan oleh fihak perempuan.

Sedangkan pihak laki-lakinya hanya akan melakukan acara ngunduh matu saja, namun berbeda dengan beberapa adat lainnya. Jadi perlu banget yang namanya konsultasi.

Menurut agama islam (WordPress.com)

2. Menurut agama islam, Menganjurkan walimah ditanggung mempelai pria

Didalam agama Islam, laki-laki lah yang menanggung biaya walimah, hal ini didasari karena fihak pria berkwajiban untuk menafkahi pihak istri. 

Namun juga tidak ada laranganya kok kalau fihak perempuan membiayai sendiri prosesi pernikahan atau membantu dana untuk walimahan mempelai pria. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"