Biar Kalian Tahu Nih ... Nama Raja Thailand yang Baru Panjang Banget!

Biar Kalian Tahu Nih ... Nama Raja Thailand yang Baru Panjang Banget!

Thailand kini punya raja baru. Sang raja baru saja dilantik beberapa waktu lalu di ibu kota Thailand, Bangkok. Di balik sosok raja baru yang berkarisma dan kontroversial ini, ternyata ada beberapa fakta lain yang nggak kalah unik loh gengs.

Seperti dikutip dari People.com, sang raja Thailand ini ternyata punya nama lengkap yang panjang banget gengs.

Raja baru Thailand, Raja Maha Vajiralongkorn (abc.net.au)

Buat kalian yang merasa fobia dengan kata atau penyebutan yang panjang banget, mending gak usah baca deh, hehehe.

Raja Thailand yang baru ini lebih dikenal dengan nama Maha Vajiralongkorn. Itu aja udah panjang buat dibaca ya. Nah, ternyata nama itu baru sebagian aja dari nama lengkapnya. Kalian pengin tau siapa nama lengkap raja baru dari Negeri Gajah Putih ini?

Siap-siap ya ....

Nama asli Raja Maha Vajiralongkorn tuh panjang banget (mediaindonesia.com)

Jika diterjemahkan dari bahasa Thai, nama lengkapnya adalah ... Vajiralongkorn Borommachakkrayadisonsantatiwong Thewetthamrongsuboriban Aphikhunuprakanmahittalidunladet Phumiphonnaretwarangkun Kittisirisombunsawangkhawat Borommakhattiyaratchakuman.

Tuh nama aslinya. Ada yang kuat bacanya? Ada yang kuat ngapalin nama aslinya sang raja? Ini aja nulisnya udah kewalahan gengs, takut salah. Ya, gimana ... ini kan nama raja negara tetangga kita gitu. Tokoh penting dan sebaiknya nggak salah tulis, hehehe.

Di balik itu, sang raja lebih dikenal sebagai Raja Maha Vajiralongkorn. Beliau telah dinobatkan sebagai Raja Thailand pada Sabtu, 4 Mei 2019 kemarin.

Sang raja baru dinobatkan beberapa hari yang lalu (abc.net.au)

Dalam penobatannya, raja Thailand ini resmi mengenakan mahkota berlapis emas yang beratnya lebih dari tujuh kilogram. Raja baru Thailand berusia 66 tahun ini juga mengenakan jubah emas yang bertabur berlian. Upacara penobatannya sendiri juga berlangsung hingga Senin (6/5/2019) kemarin.

Sebenarnya, Raja Maha Vajiralongkorn ini telah naik tahta sejak dua tahun yang lalu. Persisnya setelah sang ayah, raja Thailand sebelumnya, Bhumibol Adulyadej, meninggal dunia. Namun, penobatan Raja Maha Vajiralongkorn ini baru bisa dilaksanakan setelah masa berkabung usai.

Sang raja pun diarak keliling ibu kota Bangkok (thetimes.co.uk)

Dalam penobatannya sebagai raja baru Thailand, Raja Maha Vajiralongkorn juga diarak keliling Kota Bangkok dengan tandu emas. Dia dikawal oleh para prajuritnya pada Minggu, 5 Mei 2019 kemarin.

Dalam prosesi arak-arakan itu, warga Thailand, khususnya warga Bangkok, amat antusias untuk menyaksikan peristiwa bersejarah tersebut.

Masyarakat Negeri Gajah Putih pun bersorak "Jayalah raja! Jayalah raja!" seperti dikutip dari Channel News Asia. Mereka berjajar di jalan-jalan Kota Bangkok selama berjam-jam demi menyaksikan secara langsung raja baru yang amat dihormati di negara tersebut.

Raja Maha Vajiralongkorn (kanan) menggantikan ayahnya, Bhumibol Adulyadej (kiri) (thethaiger.com)

Prosesi itu berlangsung sejak pukul lima sore dari Grand Palace Bangkok. Arak-arakan dimulai dengan dibunyikannya terompet dan 21 kali tembakan salvo sebagai pertanda hormat.

Prosesi arak-arakan raja baru ke hadapan publik untuk pertama kalinya tersebut meeumpuh jarak tujuh kilometer. Raja Maha Vajiralongkorn pun resmi menyandang gelar Rama X dari Dinasti Chakri.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"