Berkenalan dengan Hyperion, Pohon Tertinggi di Dunia

Berkenalan dengan Hyperion, Pohon Tertinggi di Dunia

Kalau kalian mendengarkan pelajaran biologi dengan baik saat sekolah, kalian pasti paham kalau pohon itu akan tumbuh tinggi terus kecuali ada yang menghalangi bahkan menebangnya. Nah kalian kadang penasaran nggak trus bertanya 'ada nggak sih pohon tertinggi di dunia?'

Jawabannya tentu saja ada. Dan ketinggian pohon ini jauh melampaui pohon-pohon tinggi yang lain. Jangan dibayangkan ia adalah yang tertinggi dari yang tinggi-tinggi dengan perbedaan cuma beberapa sentimeter saja ya gengs.

Pohon ini bahkan punya nama, dan itu bukan nama spesies yang sebenarnya sejenis pohon coast redwood (Sequoia sempervirens). Nama pohon ini adalah Hyperion yang diambil dari mitologi Yunani.

Hyperion, pohon tertinggi di dunia (technobyte.org)

Hyperion adalah salah satu dari dua belas Titans, anak-anak Bumi dan Langit. Hyperion diterjemahkan menjadi 'Yang Tinggi'. Jadi cukup tepat kalau nama itu diberikan kepada pohon tertinggi di dunia.

Pohon tersebut ditemukan pada tahun 2006, tepatnya tanggal 25 Agustus oleh dua orang pecinta alam Chris Atkins dan Michael Taylor. Hyperion bersembunyi di tengah lebatnya Taman Nasional Redwood di California, Amerika Serikat.

Kalian tentu penasaran berapa tinggi pohon tersebut. Kalau kalian pernah melihat Menara Big Ben atau Patung Liberty, maka tinggi Hyperion mampu melampaui keduanya. Saat ditemukan Hyperion ditaksir setinggi 115.55 meter. Wuih!

Perbandingan tinggi Hyperion (technobyte.org)

Cerita Penemuan Hyperion

Tak hanya tinggi, Hyperion juga memiliki fakta sejarah yang unik. Pada tahun 1970an, area di sekitar Hyperion masih dimanfaatkan warga California untuk ditebang kayunya. 

Beberapa minggu sebelum para penebang seharusnya tiba di lembah tempat Hyperion, pemerintahan Carter menetapkan kawasan tersebut sebagai Taman Nasional. Sehingga keberadaanya tidak sempat ditemukan.

Ketika komunitas ilmiah mengetahui penemuan Chris dan Michael ini, tim ekologis dikirim untuk mengkonfirmasi fakta. Alih-alih melakukan perhitungan matematika yang rumit, tim tersebut malah mengirim seorang pria ke atas pohon dan mengukurnya dengan meteran. Dan perhitungan Chris dan Michael benar.

Kalian bisa melihat video pengukuran Hyperion di bawah ini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"