Berapa Sih Jumlah Sahabat yang Ideal, dan Kenapa Harus Dibatasi?

Berapa Sih Jumlah Sahabat yang Ideal, dan Kenapa Harus Dibatasi?

Berapa sih jumlah sahabat yang ideal? Dan kenapa sih harus dibatasi segala? Simak penjelasan ilmiahnya nih.

Sejauh ini, kalian punya berapa sahabat gengs? Jawabannya ya beda-beda lah pastinya, ada yang sedikit atau banyak banget. Ada yang cuma satu atau lebih dari satu lah ya hehehe.

Yang perlu kalian ketahui nih ... jumlah teman yang kalian miliki saat ini sebenarnya telah dikondisikan oleh otak kita.

Kalian punya berapa sahabat gengs? (plentifun.com)

Dr. Robin Dunbar, seorang antropolog asal Inggris bikin penelitian tentang hal ini. Seperti dikutip dari Lifehacker, Dunbar menemukan bahwa seseorang tuh sebenarnya cuma bisa mempertahankan hubungan dengan rata-rata 148 orang aja selama hidupnya.

Hal ini dipengaruhi oleh kemampuan otak untuk memproses banyak informasi sosial yang kita terima.

Dari kira-kira 150 orang ini, beberapa di antaranya adalah anggota keluarga serta kolega. Makanya, teman-teman dekat kita tentu hanya akan berjumlah sedikit gengs.

Jadi setiap orang rata-rata punya teman sebanyak ... (dailystoic.com)

Hal ini juga didasarkan penelitian Dunbar terhadap perilaku hewan gengs. Jadi ... makin besar otak hewan, makin besar pula kelompoknya. Dunbar juga mengembangkan sebuah formula untuk mencari tahu rata-rata korelasi ini.

Dunbar kemudian mengaplikasikan temuannya ke ukuran dari otak manusia. Akhirnya dia menemukan bahwa kapasitas otak manusia hanya terbatas pada 150 orang teman aja.

Ada juga lapisan pertemanan milik kalian, dan itu beda-beda (joinonelove.org)

Dalam penelitiannya itu, Dunbar mengidentifikasi "lapisan teman" dalam lingkaran 150 orang tadi. Doi menganalisis data ponsel dan menggunakan beberapa metode mulai dari seberapa banyak panggilan hingga kedekatan hubungan.

Kata dia nih, otak kita tuh sebenarnya akan 'menghalau' adanya orang masuk di lingkaran baru, atau malah mengeliminasi yang telah lalu.

Hasilnya, lapisan terkecil yang merupakan orang terdekat hanya berisi tiga sampe lima orang aja. Lapisan selanjutnya berisi 10 orang, 35 orang tambahan, serta lapisan terakhir mencapai 100 orang.

Mau introvert atau ekstrovert, nggak beda jauh deh (romper.com)

Lapisan-lapisan pertemanan itu disebut memiliki hasil yang tak berbeda ketika diterapkan pada orang dengan kepribadian introvert maupun ekstrovert. Meski begitu, ekstrovert tetap diasumsikan memiliki lebih banyak teman.

Riset dari Dr. Dunbar ini setidaknya pernah digunakan dalam jejaring sosial Path. Sebelum resmi ditutup, Path pernah membuat lingkaran pertemanan kita maksimal 150 orang aja tuh. Tapi atas banyak permintaan, cakupannya diperluas jadi 500 orang.

Nah, kalo kalian punya berapa sahabat gengs?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"