Berapa Derajat Sekarang Kok Dingin? Begini Penjelasannya

Berapa Derajat Sekarang Kok Dingin? Begini Penjelasannya

Pada awal musim panas mulai beberapa tahun terakhir ini selalu aja dingin setiap malamnya, tidak seperti biasanya, itu kenapa ya?

Dan tentunya kita berpikir setiap malam, "berapa derajat sekarang?" dan kenapa ini semua bisa terjadi di indonesia? Sebenarna ada alasan sih kenapa hal itu bisa terjadi gengs.

Suhu dingin (tribunnews.com)

Berapa derajat sekarang?

Kalau dipikir-pikir setiap malam itu dinginya kayak sedang ada di daerah-daerah pegunungan seperti sedang ada di puncak Bogor atau sedang ada di Dieng Jawa Tengah. 

Sebenarnya hal itu gak cuma di alami sama pulau Jawa doang lho gengs, namun juga Daerah Wamena, NTT dan pulau-pulau sekitar, kenapa?

Kuat Dugaan karena Aphelion

Banyak yang menghubung-hubungkan dengan fenomena Aphelion, karena emang suhunya nampak beda dengan beberapa tahun ke depan.

Aphelion adalah sebuah fenomena yang menghubungkan tentang teori Bumi yang semakin jauh dari Matahari. Maka wajar kalau suhu makin terasa dingin. Jadi kalau dipikir-pikir dengan pertanyaan "berapa derajat sekarang?" Jadi masuk akal juga kan?

Namun, apakah Aphelion berkaitan dengan cuaca di Indonesia?Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, menegaskan:

"Tidak ada hubungannya dengan aphelion, karena perubahan jarak matahari ke bumi tidak terlalu signifikan mempengaruhi suhu permukaan bumi."

BMKG (bmkg.go.id)

Penjelasan BMKG

Berdasarkan pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu udara kurang dari 15 derajat Celsius yang dialami di Pulau Jawa dan sekitarnya.

"Faktanya, penurunan suhu di bulan Juli belakangan ini lebih dominan disebabkan karena dalam beberapa hari terakhir di wilayah Indonesia, khususnya Jawa, Bali, NTB, dan NTT kandungan uap di atmosfer cukup sedikit," tutur Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo.

Fenomena Es di Dieng, Jawa Tengah

Sehubungan denga pristiwa musim dingin tersebut, maka ini membuat daerah Dieng sana berubah menjadi es dan bisa kita lihat disekitaran rumput-rumputnya yang membeku.

Jadi, "berapa derajat sekarang?" kok sampe membeku seperti itu? Sebenarnya sih gak ada kaitanya. Soalnya emang wajar kalau dataran tinggi itu mengalami hal seperti itu.

Soalnya, Dataran tinggi, bakalan berpeluang untuk mengalami kondisi udara permukaan kurang dari titik beku 0 derajat Celsius karena molekul udara di daerah pegunungan lebih renggang dari pada dataran rendah. Akibatnya, pendinginan akan lebih cepat terjadi.

Penyebab Utama (djokowiratmo.blogspot.com)

Penyebab Utama

Nah jadi apa nih penyebab utamanya udara yang cukup ekstrem akhir-akhir ini? Jawabannya itu berasal dari Australia gengs.

Bukan karena kesengajaan atau semacamnya, tapi kondisi suhu dingin terjadi akibat ulah aliran massa udara dingin dan kering dari wilayah benua Australia (aliran monsun dingin Australia) yang bergerak dipengaruhi oleh posisi bumi dan matahari gengs.

Jadi kalau sekarang orang bertanya soal "berapa derajat sekarang" ya jawabannya karena itu gengs. Sudah tau kan alasannya?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"