Berani Menikmati Hidup tanpa Media Sosial? Ini Manfaatnya untuk Hidup Lebih Baik

Berani Menikmati Hidup tanpa Media Sosial? Ini Manfaatnya untuk Hidup Lebih Baik

Buat kebanyakan orang, media sosial tuh udah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Kayaknya udah biasa ya bangun tidur langsung cek handphone, terus buka medsos, begitu juga sebelum tidur, di perjalanan, lagi nunggu, sambil kerja, waktu istirahat, dan sebagainya. Kalau dihitung totalnya, dalam sehari orang bisa buka medsos sampai berjam-jam lho. Dari yang cuma scroll feed, ngerekam atau foto, ngedit, upload, sama bacain komentar. 

Semakin sering buka medsos, nggak banyak yang sadar kalau kebiasaan ini bisa menimbulkan hal negatif, gengs. Jadi, lebih baik jadi pengguna medsos yang bijak atau sekalian aja berhenti menggunakannya. Ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan kalau berhasil menikmati hidup tanpa sentuhan medsos sama sekali, misalnya empat hal berikut:

Media sosial (business2community.com)

Mengurangi kesempatan buat membandingkan diri 

Udah bukan rahasia umum kalau banyak orang suka pamer di medsos, misalnya barang-barang branded yang dipakai, liburan mewah, pacaran, dan kegiatan sehari-hari yang kelihatannya asyik banget. 

Sayangnya, ini bikin orang jadi ngiri dan baper kenapa hidupnya gini-gini aja sementara dia kok enak banget ya? Kamu harus tahu mungkin dia memang sengaja memperlihatkan bagian hidupnya yang enak-enak aja, yang bagus-bagusnya aja. Kita nggak pernah tahu juga usaha dia sampai bisa di titik itu. 

Jadi, berhenti main medsos bakalan bagus buat kamu yang suka baperan ngeliat postingan orang lain. Bahaya lho kalau terus menerus membandingkan diri sendiri sama orang lain yang nggak kamu kenal di medsos. Malah kamu jadi kurang bersyukur dan terus aja iri sama pencapaian orang lain.

Pengguna media sosial (livemint.com)

Fokus sama hidup sendiri

Daripada menghabiskan waktu berjam-jam mantengin medsos dan ngiri sama orang lain, mendingan juga fokus sama kehidupanmu sendiri. Manfaatin waktumu buat bikin rencana matang soal apa aja yang pengen kamu capai dan bagaimana caranya untuk sampai ke sana. Misalnya, kamu pengen bisa jalan-jalan lebih sering, berarti kamu harus bisa ngirit biaya hidup harian ditambah ambil pekerjaan tambahan. Ingat juga apa mimpi-mimpimu yang belum tercapai dan pikirin gimana cara mewujudkannya. 

Dengan cara ini, kamu juga nggak akan kelewat baper dan sedih ngelihat kesuksesan orang lain yang lebih darimu. Malah, jadi terpacu untuk bisa lebih baik.

Berhenti main medsos (uktech.news)

Mengurangi stres yang nggak perlu

Saat kamu melepaskan diri dari kecanduan media sosial, sebenarnya kamu juga membebaskan dirimu dari stres yang nggak penting. Misalnya sirik sama orang lain, sibuk ngedit foto sampai sempurna, eh terus stres karena postinganmu cuma dapat like dan comment sedikit. Selain ngurusin medsos, banyak banget hal yang bikin stres, seenggaknya kamu nggak mesti nambah-nambahin pusing cuma gara-gara postingan medsos. 

Banyak waktu untuk hal positif

Daripada dikit-dikit cek handphone, mending lebih fokus aja deh sama kewajibanmu. 

Beresin tugas atau kerjaan tepat waktu, manfaatin waktu luang untuk bersenang-senang, istirahat, mempertajam skill, belajar hal baru, terus aja gitu.  Percayalah bahwa hidupmu akan baik-baik aja kok tanpa medsos. Selain itu, kamu juga bisa ketemuan sama orang-orang yang nyata di dunia nyata, bukan lagi topeng-topeng di media sosial.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"