Berani Berkata "Tidak", Kunci Hidup Tenang dan Bahagia

Berani Berkata "Tidak", Kunci Hidup Tenang dan Bahagia

Kita manusia adalah makhluk sosial. Karena itu, kita pasti butuh bantuan orang lain untuk segala macam aktivitas sehari-hari.

Kamu akan minta bantuan orang lain. Dan selalu ada timbal balik, bahkan dari orang yang gak kamu kenal sekali pun. Pokoknya saling bantu membantu lah.

Masalahnya ... ada aja orang-orang yang udah kamu bantu eh, malah jadi minta bantuan kamu terus. Terus giliran doi dimintain tolong sesuatu, ada aja alesannya buat mengelak. Tuman nih namanya. 

Saling membantu tuh penting, tapi ... (phrasemix.com)

Buat menghadapi situasi kayak begini, kalian harus berani berkata tidak! Soalnya, berani berkata tidak adalah kunci hidup tenang dan bahagia.

Buang sifat gak enakan kamu ke orang-orang. Karena mereka bisa aja justru memanfaatkan kebaikan yang kamu berikan dengan tulus. Simak deh alasan-alasan kenapa berani berkata tidak adalah kunci hidup tenang dan bahagia.

#1 Demi menjaga harga diri kamu

Berani berkata tidak akan menjaga harga diri kamu. Dengan berkata tidak, kamu gak akan pernah direndahkan orang lain. Apalagi kalo kamu adalah orang yang tulus, baik hati, dan tidak sombong.

Membantu orang lain yang minta bantuan jelas baik. Tapi kalo orang itu udah mulai merendahkan harga diri kamu, berkata tidak bakal membuat hidup lebih tenang dan bahagia. Sebab, kamu jelas berani menolak permintaan orang itu.

Ada aja orang yang jadi 'tuman' setelah dibantu sekali (lifehacks.io)

#2 Lebih perhatian pada kemampuan diri

Sebagai makhluk sosial, pasti ada aja orang yang akan minta bantuan pada kita. Entah itu teman atau orang lain. Nah, langkah yang harus kamu ambil adalah lebih perhatian pada kemampuan kamu untuk membantu orang itu.

Jangan sekali-kali kamu paksakan diri untuk membantu orang lebih dari kapasitas dan kemampuan diri. Dampaknya bisa buruk buat diri sendiri. Apalagi kalo itu lebih dari apa yang kamu bisa atau miliki.

Kalo gitu, berani katakan tidak pada orang yang meminta tolong itu jauh lebih baik gengs. Buang juga sifat gak enakan kamu. Sebab, inilah kunci hidup tenang dan bahagia.

#3 Bebas dari orang yang minta bantuan terus ke kamu

Orang yang minta bantuan terus menerus ke kamu, kecuali darurat, tentu bisa membebani kamu. Jangan pernah deh ngerjain PR kimia teman sekolah kamu sementara kamu dari jurusan ilmu sosial. 

Selain itu sulit, hidupmu bakal jauh dari kunci hidup tenang dan bahagia. Itu jelas bakal menyita kebahagiaan kamu. Makanya, berani katakan tidak ke orang itu. Kamu pasti lebih tenang dan bahagia.

Kalo kamu masih pelihara sifat gak enakan, kamu akan tersiksa dengan permintaan bantuan itu. Padahal, kamu kan punya kerjaan lain juga. Iya, kan?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"