Benua di Dunia, Kamu Kudu Mengetahuinya!

Benua di Dunia, Kamu Kudu Mengetahuinya!

Kalau ditanya ada berapa benua di dunia ini? Pastinya kalau anak milenial bilang ya ada 7 dong. Bener kan?

Kita sebagai anak muda kudu tahu soal 7 benua dan dimana aja. Berikut pemaparan terkait benua di dunia.

Benua Antartika (brainly.co.id)

Benua Antartika

Tahu kah kalian soal Antartika? Pasti yang ada di dalam benak kalian adalah kutub selatan dan utara, iya ga? Saat ini Antartika masuk dalam 1 dari ketujuh benua di dunia.

Lokasi Antartika ada di kutub selatan dan para ahli menyebut kawasan ini sebagai benua karena Kutub Selatan memiliki daratan sangat luas, yaitu seluas 13.209.000 km persegi. Secara astronomis wilayah Benua Antartika terletak antara-520 LS – 900 LS.

Benua Australia

Kalau bicara negeri kangguru, pastinya kita akan keingat dengan negara Australia yang ada di benua Australia.

Australia adalah sebuah negara dan sekaligus sebagai sebuah benua, yang merupakan benua terkecil dari kelima benua yang dihuni manusia. Luas benua Australia adalah 7.682.300 Km persegi , yang berada di belahan bumi selatan. 

Benua Amerika Selatan

Dahulu kita mengenal Benua Amerika dengan satu benua saja, namun karena dinilai terlalu luas, maka dibagi menjadi benua Amerika Selatan dan Utara.

Benua Amerika Selatan merupakan bagian dari wilayah Amerika Latin dan Kepulauan Karibia bersama dengan Amerika Tengah gengs.

Benua Amerika Utara (geologinesia.com)

Letak Benua Amerika Utara

Seperti yang dijelaskan di atas, karena benua Amerika dibagi menjadi dua, maka ada namanya benua Amerika Utara.

Posisi Amerika Utara, terutama posisi negara Amerika Serikat, terhadap dunia menjadi sangat penting setelah musuh ideologisnya Uni Soviet bubar tahun 1991 lalu gengs.

Benua Eropa

Kalau ingat Menara Eiffel, Menara Pizza, dan Tembok Berlin ya kamu pasti sedang membicarakan negara-negara yang ada di dalam benua Eropa gengs.

Secara astronomis Benua Eropa terletak antara 36º LU – 71º 30’ LU dan 11º BB – 66º BT. Luasnya 10.507.630 km persegi, merupakan benua terkecil kedua sebelum Benua Australia.

Benua Afrika

Kalau bicara tentang negara yang memiliki bentang alam yang luas beserta hutannya ya kita akan membicarakan benua Afrika gengs.

Luas benua Afrika 30.250.000 km2 merupakan benua terluas kedua setelah benua Asia. Wow! Benua Afrika luasnya tiga kali Benua Eropa atau seperlima dari luas seluruh daratan bumi dong ya!

Benua Asia (portal-ilmu.com)

Benua Asia

Kalau bicara negara kita, Jepang, Arab, India, tentunya kita sedang membicarakan benua kita yaitu Benua Asia.

Benua Asia dikelilingi samudera-samudera luas di sebelah Utara, Timur, dan Selatan. Sedangkan bagian Barat dibatasi oleh daratan Eropa, Laut Merah, Laut Tengah, dan Terusan Suez gengs.

Nah, jadi itu adalah penjelasan dan nama benua di dunia. Jadi gimana nih? Sekarang sudah tau ya kalau ditanya ketujuh benua di Bumi.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"