Benarkah Semakin Besar Otak Semakin Cerdas Manusia? Berikut Penjelasan Ahli!

Benarkah Semakin Besar Otak Semakin Cerdas Manusia? Berikut Penjelasan Ahli!

Kamu mungkin sering dengar bahwa jika seseorang punya kepala besar otomatis otaknya juga besar, sehingga ia lebih pintar. Ada juga anggapan umum yang muncul di masyarakat bahwa kalau jidatnya lebar, ia juga lebih pintar.

Nah, anggapan-anggapan kayak gini sebenarnya mitos atau gak sih? Kamu penasaran gak?

Kalau iya, langsung kita cek aja faktanya!

# Fakta atau Mitos Ukuran Otak Berhubungan dengan Kecerdasan Manusia

# Fakta atau Mitos Ukuran Otak Berhubungan dengan Kecerdasan Manusia Otak manusia yang diawetkan (id.wikipedia.org)

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Jurnal Neuroscience and Biobehavioral Reviews, memiliki otak besar bukan jaminan seseorang lebih cerdas. Sebab kecerdasan seseorang saat ini hanya bisa diukur melalui tes IQ, bukan ukuran otak.

Ada juga beberapa penelitian terkait di Belanda, Jerman, dan Austria yang mengaitkan besaran otak dengan hasil tes IQ-nya.

Hasil, dari 148 penelitian pada 8000 orang, diketahui bahwa ada hubungan yang lemak antara besaran otak dan tingkat kecerdasan seseorang.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa ukuran otak hanya memainkan peranan kecil dalam kinerja tes IQ pada manusia. Itu artinya, laki-laki yang cenderung punya otak lebih besar dari wanita tidak bisa dikatakan selalu lebih pintar dari wanita. 

Lebih lanjut dari hasil penelitian tersebut dijelaskan bahwa integritas dan struktur otak memiliki peran lebih penting dalam kecerdasan seseorang. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"