Benarkah Makam Mustafa Kemal Ataturk Bau Busuk? Ini Fakta Sebenarnya

Benarkah Makam Mustafa Kemal Ataturk Bau Busuk? Ini Fakta Sebenarnya

Mustafa Kemal Ataturk  adalah Presiden Turki pertama yang meninggal pada 1938. Makam Mustafa Kemal Ataturk  berada di Anitkabir yang menjadi makam permanennya, sebelumnya berada di Museum Etnografi di Kota Ankarra, Turki.

Beberapa waktu lalu sebuah video diunggah di akun Facebook Buah hati pada 19 Oktober 2021. Video itu menjelaskan kondisi makam Mustafa yang konon disebut bau bangkai atau bau busuk, hingga disebut ditolak bumi.

Meski banyak yang menyebut video itu kontroversial dan hanya isapan jempol belaka, namun sudah sebanyak 2,5 juta kali warganet yang menyaksikannya. Tidak sedikit warganet yang mempercayai bahwa makam Mustafa mengeluarkan bau busuk.

Makam Mustafa Kemal Ataturk di Turki (Quora)

Dilansir dari Tempo, salah seorang mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh kuliah di Turki bernama Yan Ainaya Al Choiroh memberikan klarifikasi terkait video viral itu. 

Yan pun sudah pernah dua kali mengunjungi makam tersebut. “Selama berada di sekeliling makam, saya tidak mencium aroma apapun,” tegasnya yang terakhir datang ke makam pada 29 Agustus 2021.

Selain Yan, ada juga wisatawan asal Indonesia yang sengaja datang untuk berziarah ke makam Mustafa. Pria bernama Faisal Nasution ini menyebut bahwa makam Mustafa sama sekali tidak mengeluarkan bau tidak sedap.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"