Beli Tas Mahal Buat Apa Ya? Jelas Buat Status Sosial Lah

Beli Tas Mahal Buat Apa Ya? Jelas Buat Status Sosial Lah

Ada peribahasa lawas yakni 'besar kayu besar dahannya', artinya jika pendapatan meningkat maka pengeluaran pun juga semakin banyak. Hal ini sepertinya sedang dialami selebgram sekaligus selebtwit bernama Revina. Beberapa waktu yang lalu akun Twitter @tinystardustt milikinya mencuit soal tas seharga Rp20 juta.

Katanya, ia mempertanyakan kenapa orang-orang sinis jika ada orang lain yang mampu tas mahal tersebut.â €Baginya membeli tas mahal ini bukan dengan alasan apa-apa. Tetepi karena mampu. Mereka yang ribut-ribut mungkin malah nggak bisa beli tasnya.

Twit Revina (matamata.com)

"Tas 20juta lebih buat apaan? Ga logis blablabla.. Simple sih kak. Lo miskin dan ga mampu, kami mampu. Ya kami beli," cuit Revina di akun @tinystardustt tersebut.

Siapa yang tidak merasa bahwa twit di atas terdengar provokatif? Meskipun ada juga yang mengangguk-angguk membaca twit tersebut. Mungkin ia golongan yang mampu membeli tas mahal, atau ia mengalami semacam delusi kelas. Revina lantas menimpali twit tersebut.

"Mau lo bilang uang gabisa beli taste, gue nanya aja nih. Taste lo ada, duit ada gak? Lo mau beli balenciaga bisa ga? Mau beli hermes 500juta ada ga? Gucci deh 24jutaan bisa ga?," tulisnya lagi.

Bagi yang terprovokasi, sontak langsung membanjiri twit Revina dengan komentar warganet. Rata-rata sih menilai kata-kata Revina ini tidak memliki kompas moral yang tepat. Seperti komentar @widiawinda_ "Sayangnya, uang yang dia punya nggak bisa buat beli etika,". Atau balasan @winonawander yang tak kalah sarkasâ €"Mending uangnya buat transplantasi otak dan cangkok attitude,".

Tetapi ada juga komentar yang bicara kelas, "Bangga dia ditipu sama kapitalis," tulis akun Dsrrdz. Termasuk komentar dari negara. Akun resmi Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak yakni @DitjenPajakRI menanggapi unggahan selebgram itu dengan mengirimkan gambar Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Orang Pribadi. Tak lama kemudian, Revina menanggapi komentar Ditjen Pajak. "Sans min, udeh," balasnya.

Revina alias tinystardustt (Instagram @revinavt)

Apa yang dilakukan Revina sebenarnya tak kalah sederhana seperti alasan dia membeli tas mahal. Sebagai influencer, tugas dia adalah tampil maksimal dihadapan follower-nya. Hanya saja alih-alih membangun citra yang otentik, Revina memilih citra yang disiapkan oleh pasar, yakni 'beli barang mahal dan lu akan tampak keren.'

Sayangnya, ketika tulisan ini tayang twit tersebut telah dihapus. Bahkan hampir sebagian besar twit di akun ini hilang, dan Revina memberi informasi jika akun tersebut ia jual.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"