Belajar Sejarah Yuk, Mengulas Alat Transportasi Zaman Dulu di Indonesia yang Sudah Hilang Ditelan Bumi

Belajar Sejarah Yuk, Mengulas Alat Transportasi Zaman Dulu di Indonesia yang Sudah Hilang Ditelan Bumi

Seiring perkembangan zaman dan teknologi membuat alat transportasi kini lebih canggih dan modern dengan maraknya transportasi online di Indonesia. Tapi sudah tahu belum kalau di Indonesia terdapat alat transportasi zaman dulu yang pada masanya menjadi transportasi penting di Indonesia.

Alat transportasi ini digunakan saat masa pendudukan Belanda sebelum Indonesia merdeka dan setelah Indonesia merdeka, misalnya pada zaman orde baru sebelum reformasi.

1. Trem

Trem adalah alat transportasi yang menjadi andalan pada zaman pendudukan Belanda. Trem terdapat di Batavia yang kini menjadi Jakarta. Fungsi trem membantu mobilitas warga Batavia dalam beraktivitas. Trem awalnya menggunakan tenaga kuda namun akhirnya diubah menggunakan tenaga listrik. Trem digunakan pada tahun 1881 - 1960.

Trem Saat Beroperasi di Batavia (Liputan6.com)

2. Oplet

Kalau yang belum tahu bentuk oplet seperti apa, coba lihat sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Oplet menjadi transportasi pada sekitar tahun 1970-an hingga 1980-an. Oplet memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan angkutan kota atau angkot. Sayangnya  pada tahun 90-an oplet punah karena kalah saing dengan transportasi yang baru muncul seperti angkot, bajaj, hingga taksi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"