Belajar Desain Baju: Sebenarnya Nggak Ribet Kalau Tahu Rahasia Ini

Belajar Desain Baju: Sebenarnya Nggak Ribet Kalau Tahu Rahasia Ini

Buat kamu yang berkeinginan menjadi seorang desainer kadang suka minder dengan kemampuannya sendiri, padahal para desainer kondang dulunya juga pasti melalui tahapan belajar dulu.

Sebenarnya jadi desainer profesional itu gak sulit asalkan kamu bisa dan tau rahasia belajar desain baju. Begini caranya.

Desain baju (dianeaninditya.wordpress.com)

Membangun Keterampilan Dasar

Kamu gak harus menjadi ilustrator hebat sebenarnya, banyak perancang memiliki gaya yang lucu ketika membuat rancangan. Yang penting, kamu  kudu bisa mempresentasikan visi kamu secara visual.

Meskipun kamu bukan orang yang harus menjahit rancangan kamu sendiri, kamu kudu tahu soal jahit-menjahit. Mengetahui apa saja yang mungkin bisa diwujudkan melalui media yang kamu gunakan itu penting banget supaya bisa mendapatkan ide yang keren dan beda.

Jangan batasi diri kamu untuk belajar tentang mode saja. Prinsip-prinsip teori rancangan bisa berlaku di semua bidang disiplin. Mungkin kamu bakalan terkejut kalau belajar sesuatu seperti tipografi bisa mengajari tentang rancang busana.

Kalau emang kamu pengen jadi perancang mode, kamu kudu belajar semua hal tentang dunia mode. Jadi kudu update.

Desain baju (fimela.com)

Bayangkan Rancangan

Apa yang bikin kamu sangat bergairah? Apakah kamu penasaran banget pengen buat apa? Bisa aja jadi kain tertentu, karya seni visual yang kamu lihat, sesuatu yang kamu inginkan tetapi sepertinya tidak kamu jumpai di toko, pakaian yang baru kamu lihat di jalan, dan lain-lain.

Gak ada cara tertentu untuk mendapatkan inspirasi. Yang penting adalah menemukan sesuatu yang membuat kamu bersemangat dan terinspirasi.

Apakah kamu menginginkan materi yang lentur, atau sesuatu yang kurang lentur? Apakah rancanganmu berlekuk-lekuk, atau kaku dan arsitektural? 

Kalau inspirasi awal kamu adalah kain luar biasa yang kamu temukan, semua itu sudah tercakup. Jika tidak, pikirkan rancangan yang kamu butuhkan seperti apa.

Nantinya, rancangan kamu bakalan banyak bergantung pada warna dan pola yang Anda pakai. Pikirkan pakaian itu dibuat untuk apa dan bagaimana kamu ngebayangin orang memakainya.

Pikirkan apa yang diinginkan pelanggan kamu, dan apa yang ingin dia kenakan. Yang penting, buatlah yang menurut kamu nampak modis. 

Senbenarnya gak ada aturannya sih yang ketat dan mudah di sini. Kamulah perancangnya, dan kamu kudu jujur terhadap diri kamu sendiri, karena karya butuh komitmen.

Gambar Rancangan (fpedia.id)

Gambar Rancangan

Saat merancang busana, kamu harus mikirin gimana pakaian tersebut saat dipakai di badan kelihatan matching. Itulah kenapa kebanyakan perancang menggambar rancangan mereka dalam bentuk manusia gengs.

Kadang sedikit menjiplak itu gak papa, jiplak gambar orang dengan pena hitam. Taruh kertas di atas gambar orang tersebut, lalu jiplaklah. Pakailah tinta hitam untuk menjiplak gambar orang itu.

Buat langkah ini sebenarnya gak perlu pena, tetapi pakailah pensil. Taruh selembar kertas putih polos di atas sketsa gambar orang yang baru saja kamu gambar. Gambar itu bisa terlihat dengan relatif jelas selama kamu memakai pena hitam dan kertas gak usah terlalu tebel.

Dengan menggunakan pensil kamu bisa menghapus kesalahan yang tak terhindarkan, gambarlah tipis-tipis bentuk busananya seperti yang kamu bayangin.

Mulailah dengan hal yang umum seperti bentuk dasar busana gengs, lalu tambahkan dikit-dikit detailnya saat rancangan tersebut sudah kebentuk. Ketika kamu sudah puas, tebalin seluruh gambar dengan pena.

Menjual Karya

Tentunya desain kamu gak bakal dikenal orang kalau karya kamu belum dijual atau dikenakan orang lain, maka saatnya dipasarkan deh desain kamu.

Buatlah foto yang berkualitas. Jangan hanya meletakkan baju rancangan kamu di tempat tidur doang dan mengambil fotonya dengan pencahayaan buruk serta menggunakan kamera ponsel. Kacau kalo gitu.

Cobalah cari perancang yang karyanya kamu banget, atau kamu pengin rancangannya nantinya akan serupa. Amati taktik mereka deh gengs!

Beberapa situs bakalan mewujudkan rancangan kamu asalkan penyedia situs atau para pengunjung mereka interest alias terkesan. Kunjungi situs seperti Gamz atau Fabricly kalau kamu yakin punya rancangan bagus dan belum ada.

Nah kalau kamu sudah bisa mengikuti tata cara belajar desain baju di atas maka kamu akan tahu akan luasnya peluang desain baju itu, ayok makanya segera action ya

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"