Bekal Ramadan! Ini 7 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar yang Perlu Diketahui, Malam Penuh Kemuliaan

Bekal Ramadan! Ini 7 Keistimewaan Malam Lailatul Qadar yang Perlu Diketahui, Malam Penuh Kemuliaan

Tidak terasa, sebentar lagi kita akan memasuki 10 hari terakhir di bulan Ramadan. Di malam-malam itu, banyak pendapat yang menyatakan akan terjadi Lailatul Qadar. Di mana, malam ini memiliki keutamaan dan keistimewaan yang berbeda dengan malam-malam lainnya.

Di bulan Ramadan memang terdapat satu malam yang disebut malam penuh kemuliaan dan lebih baik dari 1.000 bulan yaitu malam Lailatul Qadar. Sebagian ulama mengatakan bahwa Lailatul Qadar biasanya jatuh pada salah satu malam ganjil dalam 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Lailatul Qadar merupakan malam diturunkannya Al-Quran dari Lauhul Mahfudz ke Baitul Izzah (langit dunia). Umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah demi meraih keutamaan dan keistimewaan malam Lailatul Qadar. Berikut tujuh keutamaan malam Lailatul Qadar.

1. Dosa Diampuni

Ilustrasi Seseorang Berdoa Di Malam Lailatul Qadar (Liputan6)

Lailatul Qadar juga disebut sebagai malam penuh ampunan. Hal ini merujuk pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa siapapun yang melakukan ibadah di malam 1.000 bulan ini, akan mendapatkan ampunan dari Allah atas dosa-dosanya yang terdahulu.

Dari Abu Hurairah meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa beribadah di malam Lailatul Qadar dengan rasa iman dan mengharap pahala dari Allah, ia akan diampuni dosanya yang telah lalu." (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

2. Penuh Keberkahan

Keutamaan Lailatul Qadar sebagai malam penuh keberkahan disebutkan Allah lewat firmannya dalam Surat Ad Dukhan ayat 3-4 yang menyebutkan betapa malam Lailatul Qadar ini penuh dengan keberkahan. Di malam itu pula dijelaskan segala urusan penuh hikmah.

"Sesungguhnya Kami menurunkanya (Alquran) pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah." (QS. Ad Dukhan: 3-4).

3. Lebih Baik Dari 1000 Bulan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"