Bekal Ramadan: Asal-usul Ngabuburit dan 5 Aktivitas Positif yang Bisa Dilakukan

Bekal Ramadan: Asal-usul Ngabuburit dan 5 Aktivitas Positif yang Bisa Dilakukan

Ngabuburit merupakan aktivitas yang banyak dilakukan orang jelang waktu berbuka puasa. Tau nggak kalau istilah ngabuburit ini ternyata berasal dari bahasa Sunda lho. Meskipun umat muslim di Indonesia sudah identik dengan istilah tersebut.

Dalam Kamus Bahasa Sunda terbitan Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda atau LBSS, ngabuburit adalah ngalantung, ngadagoan, burit, atau bersantai sambil menunggu waktu sore. Kata itu kemudian masuk ke dalam Bahasa Indonesia dan telah tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI yakni mengabuburit. 

Mengabuburit dalam KBBI berarti menunggu azan magrib menjelang buka puasa pada saat bulan Ramadan. Ketua Lembaga Budaya Sunda atau LBS Universitas Pasundan Hawe Setiawan mengatakan ngabuburit berasal dari kata dasar burit yang artinya sore atau petang.

Hawe nenambahkan bahwa ngabuburit sudah muncul sejak lama setelah kebudayaan Islam memasuki daerah Jawa Barat sampai sekarang. Nah, berikut beberapa kegiatan ngabuburit yang bisa kamu lakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa.

Ngabuburit Saat Ramadan (Okezone Haji)

Datang ke Masjid

Ngabuburit untuk datang ke masjid pada sore hari bisa banget dilakukan lho. Di masjid kamu bisa melakukan hal-hal positif seperti mengaji sampai ikut pengajian atau kajian sembari menunggu waktu berbuka puasa. Nah, banyak masjid juga mempersilahkan umat untuk buka puasa bersama di masjid. Setelah itu bisa salat magrib bersama setelah buka puasa.

Memasak

Jam berbuka puasa sudah dekat. Kegiatan memasak biasanya dilakukan oleh orang-orang yang mau berbuka puasa di rumah. Biar seru saat memasak jangan sendiri, ajaklah anggota keluarga yang lain agar semakin akrab satu sama lain. Masakan dihidangkan bertepatan dengan waktu buka puasa. Makan bersama di meja makan adalah momen yang tak terlupakan.

Menonton Konten Islami

Daripada melakukan kegiatan yang tak perlu, sebaiknya kamu bisa menonton konten-konten tentang agama Islam di YouTube. Mendengarkan dakwah dari para ustaz akan membuat suasana hati semakin tenang dan nyaman menjelang waktu berbuka puasa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"