Begini Tips Mencuci Pakaian Pasien COVID-19 yang Sedang Isoman di Rumah

Begini Tips Mencuci Pakaian Pasien COVID-19 yang Sedang Isoman di Rumah

Jika ada salah satu anggota keluarga yang harus menjalani isolasi mandiri atau isoman di rumah, tentunya anggota keluarga yang lain harus melayani mulai dari menyiapkan makanan, memberikan vitamin, hingga mencuci pakaian yang ia kenakan.

Mungkin ada saja orang yang khawatir menyentuh pakaian bekas dipakai oleh pasien COVID-19. Lantas bagaimana cara yang tepat dalam mencuci pakaian yang benar? WHO beberapa waktu lalu sudah memberikan penjelasan bagaimana cara mencuci pakaian orang terjangkit COVID-19.

Dilansir dari Liputan6, pakaian-pakaian dan handuk misalnya pun harus dipisahkan dengan pakaian anggota keluarga lain yang negatif COVID-19. Setelah dipisahkan agar tidak tercampur, WHO meminta orang yang mencuci pakaian untuk menggunakan sarung tangan dan masker saat memegang cucian tersebut.

Ilustrasi Pasien COVID-19 Isolasi Mandiri di Rumah (Lifepack)

Saat mencuci pun pakaian kotor itu tak boleh disandarkan kepada bagian tubuh kita. Pakaian tersebut juga harus  disemprot dengan disinfektan sebelum memulai dicuci. Saat mencuci dengan mesin cuci, sebaiknya suhu dalam mesin  diatur sekitar 60-90 derajat celsius.

Jika tak menggunakan mesin cuci, bisa juga menggunakan ember berisi air panas dan detergen. Saat mengaduk cucian dalam ember itu sebaiknya tidak menggunakan tangan. Baiknya memakai tongkat untuk mengaduk-ngaduk rendaman cucian tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"