Begini Awal Mula Terciptanya Nike Air Jordan 1 Bertema Indomie

Begini Awal Mula Terciptanya Nike Air Jordan 1 Bertema Indomie

Sepatu Nike Air Jordan 1 di-custom dengan sesuatu yang unik nih. Kali ini tema custom-nya Indomie dan langsung menarik perhatian para netizen deh.

Nah, ada yang tau nggak siapa sih yang bikin custom sepatu Nike Air Jordan 1 itu? Ternyata dia adalah Jonathan "Jonas" Gustana, seorang lulusan Nanyang Academic Fine Arts (NAFA), Singapura.

Nike Air Jordan 1 "Indomie" (Instagram @mr.s.custom)

Doi emang nyentrik sih, makanya doi bikin karya yang nggak kalah nyentrik juga. Dan rupanya, itu bukan karya nyentrik Jonas yang pertama loh. Soalnya, Jonas emang pernah menggeluti dunia menggambar, khususnya pada obyek seperti pakaian dan sepatu.

Karya-karyanya bersifat orisinil, rata-rata juga dibuat dengan tangan dan dibuat sesuai permintaan pemesan. Karya-karyanya dia pamerkan di akun Instagram dagangannya dengan nama Mr Simple Custom, @mr.s.custom.

Seperti dikutip dari Kompas.com, awalnya karya uniknya ini adalah sebuah hadiah buat pacarnya. Lalu kemudian, banyak tuh temen-temennya yang suka sama kreativitas Jonas hingga akhirnya dia mengomersialkan karyanya hingga sekarang.

Beli Indomie dapet hadiah ini asik kali ya? (Instagram @mr.s.custom)

"Awal pertama sekali, saya mau kasih hadiah buat cewek saya karena kan mau cari yang spesial ya. Kalau beli di toko doang semua orang juga bisa. Ya saya bikin sepatu buat dia, Harley Queen sama Joker, itu kan yang dia suka," kata Jonas.

"Jadi, ya sudah di-support, mulai deh bikin. Pada 2017, iya cuma memang saya enggak fokus banget buat ngembangin karena masih sekolah," lanjutnya.

Setelah karyanya mulai dikenal banyak orang, Jonas berencana akan membuat batasan untuk karyanya ke depan. Apalagi setelah sepatu custom Nike Air Jordan 1 "Indomie"-nya itu viral.

Ada tulisannya "Micin Generation" (Instagram @mr.s.custom)

"Ke depan yang massal saya pasti bakal limit, enggak mungkin berpuluh-puluh. mungkin maksimal 10-15 sudah itu cukup sih. Tapi ini belum confirm ya," kata cowok berusia 23 tahun itu.

Soal hak ciptanya gimana? Nah, buat Air Jordan 1 karya Jonas yang bertema Indomie ini, Jonas mengaku nggak ada permasalahan hak cipta kok. Padahal dalam karyanya itu terdapat karya orang lain ya.

Karya yang disematkan adalah sentuhan desain awal di Photoshop oleh @arifwhy, Indofood sebagai pemilik brand Indomie, dan Nike sebagai perilis sepatu Air Jordan 1.

Air Jordan 1 "Indomie" ini dijual dalam edisi terbatas doang gengs (Instagram @mr.s.custom)

"Dari Indomie, saya langsung dikontak sama bosnya Indomie, Pak Axton (Axton Salim). Sebelum viral begitu, dia enggak tau apa-apa kan. Tapi pas sudah viral, dia kebetulan juga ikut pesan. ya boleh juga (desain Indomie dipakai) tapi maksimal 25 (pasang) kata dia (Axton)," lanjut Jonas.

Yakali gitu Indomie goreng rasa sepatu, apa sepatunya rasa Indomie? (theimpulsegrocer.blogspot.com)

Perlakuan sama juga diberikan pihak Nike yang memang tidak mempermasalahkan berbagai desain custom sepatu yang dirilisnya.

"Dari Nike enggak pernah ada masalah sih. Soalnya, costumizer itu sudah lama banget ada di sekitar kita. Terus sampai sekarang sih belum ada masalah dari luar negeri, dari dalam negeri sendiri enggak pernah ada masalah," kata Jonas.

Namun, jumlah pesanan tersebut, Jonas pun merasa sudah cukup banyak dan itu membuatnya jenuh. Jumlah produk yang terlalu banyak dinilai akan menurunkan nilai keunikan dari sepatu yang dibuatnya.

Jadi, kalo kalian berminat sama Air Jordan 1 "Indomie" ini, ya jelas udah ditutup ya gengs pemesanannya. Tapi itulah cerita di balik pembuatan Nike Air Jordan 1 "Indomie". Kali aja kalian punya ide yang lebih seru lagi, bisa loh bikin hal serupa juga. Jangan lupa izin juga tapi.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"