Begini 5 Fakta Soal Hujan Es Yang Berbeda Dengan Salju

Begini 5 Fakta Soal Hujan Es Yang Berbeda Dengan Salju

Sebagai negara tropis, hampir seluruh wilayah di Tanah Air gak akan pernah diselimuti salju. Kecuali, kawasan pegunungan Jayawijaya, Papua, yang sempat jadi wilayah satu-satunya yang bersalju.

Namun, di Indonesia terkadang mengalami fenomena hujan es yang umumnya terjadi di masa transisi musim, dari musim panas ke hujan, begitupun sebaliknya. Nah, supaya menambawah wawasan soal hujan es, berikut ada 5 faktanya.

# Terjadi akibat kondensasi uap air yang sangat dingin

Beberapa fakta mengenai hujan es di Indonesia (via tribunnews.com)

Kamu harus tahu, bahwa fenomena hujan es ini terjadi akibat munculnya presipitasi yang berisikan bola-bola es dengan diameter sekitar 5-50 mm atau lebih. Nah, kejadian ini dikarenakan adanya kondensasi uap air yang begitu dingin di atmosfer pada lapisan di atas titik beku

Keberadaan awan yang tinggi puncaknya lebih dari titik beku itulah yang membuat suhu di bagian atas menjadi lebih rendah dari nol derajat Celcius. Makanya, awan tersebut jadi berpeluang buat memproduksi es.

Ketika di bagian atas mengandung banyak es, akan ada waktunya saat hujan, butiran-butiran es tersebut bakal ikut jatuh ke permukaan bumi.

# Bisa menimbulkan korban jiwa



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"