Begini 5 Cara Atasi Perilaku Boros, Biar Kesehatan Finansial Nggak Terganggu

Begini 5 Cara Atasi Perilaku Boros, Biar Kesehatan Finansial Nggak Terganggu

Hidup berfoya-foya atau hedonisme memang tampak asyik dan seru. Namun, kamu perlu mengingat kantong dan masa depan, Gengs! Sebab, pemborosan itu tidak baik dan sebenarnya juga nggak keren.

Tentu saja, kita tidak ingin pengeluaran lebih besar daripada pendapatan, dong. Nah, berikut beberapa cara agar tidak berperilaku boros demi kesehatan finansial.

1. Berusaha Menabung 

Jangan anggap remeh menabung, lho. Sebab, sering kali orang susah melakukannya. Kesadaran untuk menabung itu penting untuk sekarang dan masa depan. Dan, ini harus diwujudkan dalam tindakan nyata.

Menabung tidak harus langsung banyak, kok. Ingat peribahasa "sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit"? Seperti itulah. Sisihkan uang tabungan di awal ketika menerima gaji. Jangan menunggu sisa pengeluaran sebulan karena sering kali justru tidak bersisa.

5 Cara Atasi Perilaku Boros, Biar Kesehatan Finansial Nggak Terganggu (Shutterstock)

2. Membuat Rincian Pengeluaran 

Membuat rincian pengeluaran bisa dilakukan berdasarkan bulanan atau mingguan. Hal terpenting, yaitu mengatur dalam berbagai bagian yang jelas. Dengan begitu, kamu bisa memperhitungkan pengeluaranmu dengan tepat dalam waktu sebulan. Nah, hal paling berat, yaitu menahan godaan impulsive buying.

3. Kebutuhan Lebih Penting daripada Keinginan 

Dalam hal ini, kita harus memahami dan menyadari itu kebutuhan atau keinginan. Tentu saja, kebutuhan itu hal utama. Sedangkan, keinginan bisa dilakukan setelah kebutuhan utama terpenuhi.

Lebih mementingkan dan memenuhi keinginan daripada kebutuhan justru finansialmu tidak sehat. Kalau sudah begitu, maka harus ada tambahan dana atau pendapatan agar kebutuhan utama terpenuhi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"