Bedanya Sinterklas dan Santa Claus, dari Kendaraan Hingga Makanan Kesukaan

Bedanya Sinterklas dan Santa Claus, dari Kendaraan Hingga Makanan Kesukaan

Mitosnya sering muncul saat Natal tiba, kehadiran Sinterklas dan Santa Claus ditunggu banyak anak-anak yang ingin mendapat hadiah. Selama ini Sinterklas dan Santa Claus dianggap sama, padahal keduanya jelas berbeda. Perbedaan Sinterklas dan Santa Claus terdiri atas asal-usul, kendaraan, makanan kesukaan, hingga waktu pembagian hadiah.

Menurut asal-usulnya Sinterklas dianggap sebagai ikranasi dari Santo Nikolas. Santo Nikolas adalah orang suci dalam agama Katolik yang sangat dekat dengan anak-anak. Santo Nikolas hidup pada abad pertengahan. Sementara Santa Claus merupakan campuran dari tiga sosok yakni Santo Nikolas, Bapak Natal, dan Sinterklas.

Untuk kendaraan yang dipakai untuk membagi-bagikan hadiah, Sinterklas dan Santa Claus menggunakan kendaraan yang berbeda. Sinterklas dipercaya datang dari Spanyol menggunakan perahu dan naik kuda putih bernama Amerigo ketika pertama kali muncul di negara Belanda.

Sementara Santa Claus dipercaya naik kereta luncur yang ditarik oleh sembilan ekor rusa. Salah satu rusa Santa Claus yang terkenal bernama Rudolph. Rusa peliharaan Santa Claus ini terkenal karena berbeda dengan rusa lainnya, yakni memiliki hidung merah dan bercahaya.

Sinterklas dan Santa Claus (Tirto.id)

Sinterklas dan Santa Claus sama-sama senang membagikan hadiah kepada anak-anak. Biasanya Sinterklas lebih dulu muncul membagikan hadiah kepada anak-anak. Sinterklas mulai berkeliling pada awal bulan Desember, jauh sebelum hari Natal. Bahkan ada yang percaya sejak akhir November Sinterklas sudah bekerja membagi hadiah.

Sementara Santa Claus membagikan hadiah tepat jelang Natal, yakni 24 Desember atau sehari sebelum Natal. Santa Claus biasanya melemparkan hadiah lewat cerobong asap yang ada di setiap rumah. Tiap tanggal 24 Desember malam hari, anak-anak sangat antusias menunggu kehadian Santa Claus.

Sinterklas sering membagikan hadiah permen kepada anak-anak. Bisa jadi makanan kesukaan Sinterklas adalah permen. Sementara makanan kesukaan Santa Claus adalah kue dan pai cincang sementara minuman favoritnya adalah susu dan wiski.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"