Bedanya Polisi dengan Polisi Militer, Lengkap dengan Tugas dan Fungsinya

Bedanya Polisi dengan Polisi Militer, Lengkap dengan Tugas dan Fungsinya

Polisi Militer dan Polisi biasa adalah dua polisi yang berbeda. Polisi dibawah instansi Polri dan Polisi Militer dibawah instansi TNI. Baik polisi Pori dan polisi militer TNI  memiliki tugas dan tanggung jawab. Bedanya polisi biasa dengan polisi militer terlihat dari tugas dan tanggung jawabnya.

Polisi militer memiliki tugas menyelenggarakan fungsi kepolisian militer dalam tubuh TNI. Dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor KEP/1/III/2004 tentang Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Kepolisian Militer di Lingkungan TNI, terdapat sejumlah fungsi polisi militer yang sangat berbeda dibandingkan polisi.

Polisi militer berfungsi melakukan penyelidikan kriminal dan pengamanan fisik,melakukan penegakan hukum di lingkup TNI, penegakan disiplin dan tata tertib militer, melakukan penyidikan, pengurusan tahanan dan tata tertib militer, dan mengurus tahanan militer atau tawanan perang.

Bedanya Polisi Biasa dengan Polisi Militer (Wikipedia)

Anggota polisi militer juga sering muncul dalam pengamanan para pejabat negara atau tamu negara karena memang fungsi polisi militer ikut serta dalam pengawalan protokoler kenegaraan. Polisi militer dalam menjalani tugas dan fungsinya dilaksanakan oleh masing-masing matra di tiap angkatan, seperti Polisi Militer Angkatan Udara atau Pomau, Polisi Militer Angkatan Darat atau Pomad, dan Polisi Militer Angkatan Laut atau Pomal.

Lalu bagaimana dengan tugas polisi? Dalam UU Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Polri dijelaskan bahwa polisi adalah alat negara yang bertugas dalam memelihara ketertiban masyarakat dan melakukan proses penegakan hukum dalam masyarakat.

Polri bertugas dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat demi terciptanya keamanan dalam negeri. Polisi dalam bertugas memiliki kedekatan dengan masyarakat, berbeda dengan polisi militer yang hanya fokus dalam internal TNI saja.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"