Beda Banget Sama yang Lain, Pensiunan Jenderal Polisi Putuskan Jadi Petani di Kampung Halamannya

Beda Banget Sama yang Lain, Pensiunan Jenderal Polisi Putuskan Jadi Petani di Kampung Halamannya

Susno Duadji adalah mantan Jenderal Polisi  bintang tiga karena pernah menjabat sebagai Kabareskrim Polri. Nama Susno juga melejit dan jadi viral setelah “terjebak” dalam kasus Cicak VS Buaya yang melibatkan KPK VS Polri di tahun 2009 lalu. Apa kabar Susno sekarang?

Susno saat ini lebih banyak melakukan aktivitas di kampung halamannya di Sumatera Selatan. Kebetulan kepulangan Susno bertepatan dengan kebebasan dirinya setelah tersandung kasus korupsi penanganan PT Salmah Arowana  Leatasi dan dana pengamanan Pilkada Jawa Barat di tahun 2008.

Dalam proses sidang, hakim menyebut Susno terbukti menyalahgunakan kewenangan saat menjabat sebagai petinggi di Polri. Susno mendapatkan hadiah sebesar Rp 500 juta dari pihak swasta untuk mempercepat proses penyidikannya. Susno pun akhirnya divonis 3,5 tahun penjara. Ia mendekam di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Cibinong, Jawa Barat.

Pensiunan Jenderal Polisi Putuskan Jadi Petani di Kampung Halamannya (Tribun Jabar)

Susno bebas pada 2015. Setelah bebas ia memutuskan untuk berpindah profesi menjadi petani untuk menggarap sawah. “Habitat saya sebagai petani. Orangtua saya petani, keluarga petani, kok nyasar ke Polisi selama 32 tahun,” ujar Susno dilansir dari Merdeka.

Sebagai petani, Susno juga tidak dibantu orang lain. Ia mengerjakan semuanya seorang diri. Mulai dari mencangkul, menanam, mengelola tanaman, hingga mengurus hasil panen yang meliputi tembakau, tanaman kopi, dan kebun durian.

Jika dulu Susno tampil gahar dengan pakaian kebesaran Polisi dengan pangkat bintang tiga, kini Susno lebih sederhana. Ia mengenakan kaos oblong, celana panjang, dan memakai caping. Mungkin masih ada orang yang tidak menyadarai jika Susno adalah petani yang pernah jadi Jenderal Polisi di Indonesia.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"