Beberapa Negara di Dunia Sedang Dilanda Gelombang Panas, Indonesia Salah Satunya

Beberapa Negara di Dunia Sedang Dilanda Gelombang Panas, Indonesia Salah Satunya

Belakangan ini, ada beberapa negara di dunia yang tengah diserang gelombang panas sejak sepekan lalu. Kondisi cuaca ekstrem ini pun melanda beberapa negara di Asia Selatan.

 

Menurut Badan Meteorologi di negara-negara Asia, peningkatan suhu bumi saat ini sedang melonjak tajam.

 

Keenam negara di antaranya adalah Bangladesh, Myanmar, India, China, Thailand, dan Laos melaporkan suhu panas telah mencapai 40 derajat celcius selama beberapa hari ke belakang.

 

Lalu, kota Kushtia di Bangladesh saat ini menjadi negara terpanas dengan suhu maksimal mencapai 51,2 derajat celcius sejak 17 April 2023.

 

Sedangkan di Indonesia sendiri, suhu maksimalnya mencapai 37,2 derajat celcius menurut pengamatan BMKG di Ciputat.

Ilustrasi seorang pria sedang kepanasan di siang hari (detik.com)

 

Jepang juga mengalami hal yang sama. Pakar klimatologi dan sejarah Maximiliano Herrera mencatat Negara Sakura itu dihantam panas sebesar 30 derajat Celsius pada pekan lalu.

 

Dari keterangan BMKG, suhu panas ini terjadi sejak April di hampir seluruh wilayah Asia lantaran adanya gerakan semu matahari.

 

Para pakar mengatakan kalo perubahan iklim dan gelombang panas bakal terus terjadi. Ini merupakan siklus yang sudah umum terjadi setiap tahunnya. Dan potensi kenaikan suhu panas akan terus berulang di setiap tahunnya. Duh gak kebayang deh!

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"