Beberapa Aliran Ini Pernah Eksis Di Indonesia, Sampai Akhirnya Dianggap Sesat dan Dibubarkan

Beberapa Aliran Ini Pernah Eksis Di Indonesia, Sampai Akhirnya Dianggap Sesat dan Dibubarkan

Di dunia ini banyak sekali aliran keagamaan dan kepercayaan. Mulai dari aliran kepercayaan yang banyak dipeluk masyarakat dunia, sampai yang hanya segelintir saja pemeluknya. Masing-masing aliran ini membawa ajarannya masing-masing dan menyebarkannya untuk mempertahankan eksistensinya.

Tak terkecuali di Indonesia, beberapa agama sudah diakui oleh pemerintah, seperti Islam, Kristen, Buddha, Hindu, Katolik, dan Konghucu. Tapi, ternyata selain enam agama tersebut, pemerintah juga menetapkan adanya aliran kepercayaan atau animisme.

Namun, di Indonesia juga masih ada aliran kepercayaan yang dianggap sesat, bukan hanya oleh pemerintah, tapi oleh masyarakat umum. Beberapa aliran ini dianggap sesat karena ajarannya yang terlalu menyimpang. Adapun beberapa aliran yang telah secara resmi diputuskan sebagai aliran sesat di Indonesia, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Salamullah (Lia Eden)

https://planb.sg/

Lia Eden adalah wanita yang mengaku telah mendapat wahyu dari malaikat Jibril untuk mendakwahkan sebuah aliran kepercayaan baru. Lia Eden mendirikan sebuah jemaat yang disebut Salamullah untuk menyebarluaskan ajarannya. Dia secara kontroversial mengaku sebagai titisan Bunda Maria dan ditugaskan Jibril untuk mengabarkan kedatangan Yesus Kristus ke muka bumi. Dia juga menubuatkan beberapa ramalan yang sensasional. Namun MUI memfatwakan Lia Eden menyebarkan aliran sesat dan melarang perkumpulan Salamullah pada bulan Desember 1997.

2. Kerajaan Ubur-Ubur



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"