Banyak Ragam Suku dan Bahasa, Negara Ini Miliki Keunikan yang Jarang Ada di Negara Lain

Banyak Ragam Suku dan Bahasa, Negara Ini Miliki Keunikan yang Jarang Ada di Negara Lain

Sebelum menjadi seperti yang sekarang ini, Eropa harus membuat traktat bersama yang isinya mengatur batas-batas geografis sebuah wilayah politik. Dari sana muncul yang namanya negara bangsa. Yakni negara yang dibangun atas satu identitas suku bangsa tertentu.

Sejak saat itu negara selalu dianggap sebagai satu kesatuan identitas yang homogen. Namun berbeda dengan negara-negara di bawah ini. Mereka justru memiliki keunikan berupa keanekaragaman suku, bangsa, dan bahasa. Apakah ada negara kita gengs? 

1. Papua Nugini

1. Papua Nugini Negara unik yang memiliki banyak suku dan bangsa (acanela.com)

Keragaman suku dan bahasa di Papua Nugini masih sedikit yang diketahui. Pasalnya diperkirakan hanya sekitar 18 persen saja warganya yang memilih tinggal di perkotaan. Sedangkan persentase terbesar masih menetap di desa dengan mata pencaharian bertani dan beternak. Para ilmuwan percaya, jika di negara dengan luas 462.840 km² ini masih banyak suku yang belum tereksplor. Yang terbaru ditemukan oleh para ilmuwan adalah suku Korowai.

2. Indonesia

2. Indonesia Negara unik yang memiliki banyak suku dan bangsa (findyourindonesia.com)

Dilansir laman Indonesia.go.id, negara kita ini memiliki sekitar 300 suku bangsa lho gengs. Lebih unik lagi BPS merilis sensus pada 2010 jumlah suku di Indonesia itu berjumlah 1.340 suku. Suku dengan populasi terbanyak adalah suku Jawa yang berjumlah 41 persen dari total populasi Indonesia. Secara bahasa Indonesia pun kaya. Ethnologue Language of the World merilis jika jumlah bahasa yang dimiliki Indonesia adalah sebanyak 710 bahasa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"