Baju Dokter Kenapa Selalu Identik dengan Warna Putih? Ini Jawabannya

Baju Dokter Kenapa Selalu Identik dengan Warna Putih? Ini Jawabannya

Dokter selalu mengenakan baju warna putih. Baju yang mirip jas ini sejak dulu sampai sekarang selalu identik dengan dokter di Indonesia maupun di luar negeri. Menjadi seorang dokter bukanlah profesi yang mudah karena selain membutuhkan kecerdasan dalam bidang ilmu kesehatan dan kedokteran, kepribadian dokter yang baik bisa menenangkan pasien.

Dilansir dari Okezone, warna putih yang menjadi warna kebesaran bagi dokter berhubungan dengan sikap dokter ketika memeriksa dan merawat pasien yang harus memiliki hati yang bersih dan ikhlas. Hati yang bersih dan keikhlasan yang dimaksud berhubungan dengan warna putih.

Warna putih dalam pakaian dokter juga mengandung makna psikologis. Putih memiliki energi positif dan melambangkan sebuah kemurnian, kesucian, dan kebaikan, mengingat menjadi seorang dokter adalah profesi mulia karena bisa sembuhkan orang dari penyakit.

Ilustrasi Dokter Memeriksa Pasien (Alodokter)

Selain dilihat dari faktor psikologis, ternyata warna putih juga memiliki arti dalam bidang kesehatan. Warna putih dalam ilmu kesehatan berarti sesuatu yang bersih dan steril. Jadi memang sudah tepat warna putih dipilih menjadi warna pada pakaian dokter.

Sebenarnya dalam bidang kesehatan tak cuma dokter yang mengenakan baju warna putih. Sebab profesi seperti suster atau perawat juga mengenakan seragam warna putih.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"