Baju Baru Tuh Sebaiknya Dicuci Dulu Nggak Sih?

Baju Baru Tuh Sebaiknya Dicuci Dulu Nggak Sih?

Beli baju baru emang asik ya. Begitu dibeli, kita juga langsung gak sabar ingin menggunakannya. Tapi sebenernya perlu gak sih kita cuci dulu baju baru kita itu?

Sebagian orang mengatakan itu perlu, ya perlu dicuci lah. Tapi sebagian lainnya bilang langsung pake aja, jadi gak perlu dicuci. Terus mana dong yang bener?

Beli baju baru nih, perlu dicuci dulu nggak sih? (realsimple.com)

Seperti dikutip dari Kompas.com, Lidsey Bordone, seorang dermatolog dari Columbia University Medical Center mengatakan bahwa sebaiknya baju baru tuh dicuci dulu gengs. Baru digunakan. Ada beberapa alasannya kok.

Pertama, ada potensi keberadaan kuman dari orang lain atau lingkungan yang melekat di baju yang kalian beli. Ya, kalian nggak tau kan udah berapa kali baju-baju itu dicobain sama orang lain?

Di samping itu, kita juga nggak tau kan gimana kondisi kesehatan kulit orang yang jajal baju-baju tersebut. Jadi, bukannya nggak mungkin penyebab penyakit justru tertinggal di baju-baju itu.

Duh, bingung ... cuci dulu nggak nih? (forbes.com)

Kedua, pewarna dan bahan kimia yang digunakan pada beberapa pakaian bisa menyebabkan iritasi loh. Kalo kulit kalian sensitif, ini bisa jadi urusan loh.

"Ketika baju dikemas dan dikirimkan, ada beberapa produsen menggunakan pengawet, sehingga jamur tidak akan tumbuh," kata Bordone.

Beberapa pengawet itu macam formaldehida resin. Itu adalah jenis pengawet yang kadang-kadang digunakan pada baju untuk mencegah jamur dan kerutan. Itu bisa menyebabkan ruam di kulit. Namun, sebagian besar negara juga telah mengatur berapa banyak formalin yang boleh digunakan dalam pakaian.

Cuci aja lah, biar keliatan rajin gitu ... hehe (istockphoto.com)

Studi tahun 2010 yang dilakukan Government Accountability Office di Amerika Serikat menemukan bahwa beberapa kain yang dijual di AS mengandung zat kimia lebih dari yang diizinkan.

Kontak antara kita dengan formaldehida tuh bisa menyebabkan eksim jenis allergic contact dermatitis. Makanya kita disarankan untuk mencuci baju yang baru aja kita beli. Toh tujuannya juga untuk menyingkirkan pewarna yang bisa aja menyebabkan iritasi.

Will Kirby, seorang dermatolog dari AS juga mengatakan bahwa hal itu mungkin aja terjadi. Tapi kemungkinannya tipis kok. Menurutnya, bakteri, virus, jamur, nggak langsung bisa berpindah pada pakaian.

Kalo udah dicuci, dikeringin, setrika deh ... bebas kuman (framepool.com)

Tapi sekali lagi, Bordone mengingatkan bahwa tungau kudis yang berukuran mikroskopis yang bisa menginfeksi kulit tuh berpotensi tinggal dipakaian baru itu. Namun Kirby juga bilang kalo potensinya rendah.

Daripada ngikutin debat para ahli itu, udah deh ... cuci aja dulu baju baru kalian. Minimal bersih dan nggak "wangi toko" lagi deh. Besoknya kalo udah kering kan jadi tinggal dipake tuh. Ya ga, ya ga?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"