Bahasa Apa yang Dipakai Malaikat Untuk Menanyai Manusia di Alam Kubur?

Bahasa Apa yang Dipakai Malaikat Untuk Menanyai Manusia di Alam Kubur?

Nanti saat manusia meninggal tentunya mereka akan hidu di alam barzakh, dan nantinya ia akan ditanyai oleh malaikat yaitu Munkar dan Nakir yang menanyai banyak hal tentang dirimu di dunia.

Menururut hadits Rasulullah SAW yang cukup panjang dari al-Barra’ bin ‘Azib yang dinukilkan Abu Dawud dan Ahmad. Di antara pertanyaan tersebut adalah siapakah Tuhannya? Apakah agamanya? Dan siapakah nabinya? Dan apa kitab sucinya? 

Alam barzah (Boombastis.com)

Nah...yang jadi pertanyaan adalah, kira-kira mereka menggunakan bahasa apa ya gengs? Apakah mereka akan menanyai dengan bahasa kita atau dengan bahasa arab?

Penjelasannya

Menurut Direktur Aswaja Center Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Ma’ruf Khozin, belum ditemukan dalil secara pasti dalam masalah ini. Sehingga para ulama berbeda pendapat menjadi tiga. Ada yang mengatakan pakai bahasa Suryani, bahasa Arab, dan sesuai bahasa kita. Berikut penjelasan Al-Hafidz Jalaluddin As-Suyuthi:

“Dalam kitab Fatawa Guru kami, Al Bulqini, dijelaskan bahwa mayit akan menjawab pertanyaan di alam kubur dengan bahasa Suryani. Tapi saya tidak menemukan dalilnya. Al-Hafidz Ibnu Hajar ditanya soal itu dan menjawab bahwa zahir hadis adalah dengan bahasa Arab. Boleh jadi pertanyaan-jawaban itu sesuai dengan bahasanya mayit (Syarh As-Shudur, 147).”



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"