Awas! Kenali Tipisnya Batasan Bangga dengan Sombong...

Awas! Kenali Tipisnya Batasan Bangga dengan Sombong...

Akhir-akhir ini, sedang marak jadi perbincangan tentang masalah tagar #bibitunggul yang diawali dari seorang netizen yang dengan bangga mengunggah sederet prestasinya dan banyak unsur kata bibit unggul di beberapa postingan Instagram tersebut.

Bangga dan sombong memiliki batasan yang sangat tipis (br.freepik.com)

Bangga akan hasil pencapaian diri emang boleh-boleh saja, Namun kadang dengan sering mengunggah beberapa foto dengan kata-kata yang terkesan agak sombong bakal bikin netizen. Jadi baka ada auto-komentar negatif pastinya.

Merangkum dari Psychology Today, psikolog Leon F Seltzer menjelaskan perbedaan antara sikap sombong dan bangga. Sombong memiliki unsur narsistik yang tidak ada dalam sikap bangga.

Meski beda tipis, sombong adalah rasa bangga tidak sehat yang cenderung menyakiti diri dan orang lain. Rasa bangga muncul tanpa memandang diri sendiri secara berlebihan. 

Artinya, bangga bisa ditujukan pada keluarga, teman, dan kolega atas usaha terbaik mereka. Bangga tidak ditujukan pada mereka yang menang dengan curang, minim usaha, atau semata keberuntungan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"