Aturan Hukum di Beberapa Negara Ini Aneh Banget ...

Aturan Hukum di Beberapa Negara Ini Aneh Banget ...

Aturan hukum di beberapa negara ini aneh banget deh. Ngurusin berat badan lah, Winnie the Pooh lah, game lah, aneh deh!

Semua negara di dunia ini punya peraturannya masing-masing. Mulai dari soal hukum hingga berbagai peraturan lainnya yang berlandaskan ideologi masing-masing negara.

Dari situ, kita harus sadar bahwa setiap negara pasti punya aturan yang berbeda-beda. Selain itu, aturan-aturan di negara mereka mungkin juga akan terdengar aneh buat kita.

Nah, beberapa negara berikut, seperti dikutip dari Liputan6.com, punya aturan yang aneh banget. Beberapa hal yang terlarang di negara mereka, justru legal dilakukan di Tanah Air. Simak deh.

1. Jepang

1. Jepang Di Jepang, warga negaranya gak boleh gemuk gengs (abcnews.go.com)

Sebenernya ada banyak banget aturan yang aneh-aneh di Jepang. Tahun 2008 lalu, pemerintah Jepang mengeluarkan "Hukum Metabo". Hukum itu tergolong aneh buat negara-negara lain.

Hukum itu menyatakan ilegal untuk menjadi gemuk di negara itu. Jika kalian kedapatan gemuk dan jadi warga negara sana, pemerintah bisa mengenakan denda kepada kalian.

Cara kerjanya: jika kalian berada di antara usia 45 hingga 74 tahun dan memiliki ukuran pinggang 35,4 inci atau lebih untuk pria normal, atau 31,5 inci atau lebih untuk wanita, maka kalian akan diminta untuk ke dokter. Ngapain? Kalian akan meminta saran kepada mereka untuk cara mengecilkan pinggang dan meningkatkan kesehatan kalian.

Kalo nggak ya denda. Dan itu dia salah satu alasan kenapa orang Jepang rata-rata kurus-kurus dan sehat.

2. Polandia

2. Polandia Di Polandia, Winni the Pooh dilarang di sebuah kota (bbc.co.uk)

Kota Tuszyn, Polandia, membuat keputusan yang dinilai aneh oleh banyak orang. Peraturan itu resmi berlaku pada 2014 lalu. Jadi, pemerintah kota itu memutuskan membuat maskot kota baru untuk taman bermain di sana.

Tapi ... pemerintah kota malah menyalahkan karakter kartun lainnya. Winnie the Pooh misalnya, adalah karakter yang dilarang banget di sana. Termasuk temen-temennya si Pooh gengs. Terus alasannya apa?

Ternyata alasannya karena Pooh tuh nggak pake celana. Kartun beruang itu dianggap menyalahi norma kesopanan. Mungkin sama halnya dengan Squidward kali ya. Pokoknya nggak bercelana berarti terlarang deh.

3. Rusia

3. Rusia Di Rusia, mobil kotor bisa ditilang gengs (npr.org)

Kalo kalian males membersihkan mobil, berarti kalian termasuk orang kaya kalo tinggal di Rusia. Soalnya, kalian pasti bakal kena denda terus kalo mobil kalian selalu kotor. Mobil kotor tuh didenda gengs!

Mobil di Kota Moskow dan beberapa kota besar lainnya di Rusia tuh bersih-bersih gengs. Giliran ada satu yang ketahuan kotor misalnya, mobil itu pasti distop petugas deh.

Ternyata, polisi di sana memberlakukan undang-undang itu lantaran mobil kotor termasuk plat kendaraan bisa tertutup. Jadi polisi nggak bisa melihat dengan jelas nomor kendaraan dan nanti tinggal memberikan sanksi pada pelanggarnya.

Sebenernya ini hanya berpusat di nomor kendaraan aja sih, tapi mungkin daripada separo-separo, mending mobilnya bersih sekalian kali ya?

4. Karibia

4. Karibia Atribut militer dilarang digunakan di negara-negara Karibia (livescience.com)

Di Amerika Serikat, pakaian berpola camo adalah hal yang biasa. Ketika kita menggunakannya, berarti kita bisa "berbaur dengan lingkungan".

Tapi sayangnya, di negara-negara Karibia seperti barbados, Jamaika, St. Vincent, dan St. Lucia, mengenakan pakaian berpola kamuflase itu dilarang. Kecuali kalo kalian pengin dikenakan denda atau malah mau dimasukin ke penjara.

Soalnya, negara nggak pengin ada warga sipil yang bercampur tangan dengan anggota militer. Logis juga sih ....

5. Yunani

5. Yunani Dilarang main game di Yunani (anibee.tv)

Pemerintah Yunani melarang semua permainan video gim di seluruh negeri itu sejak tahun 2002 lalu. Pemerintah sebenarnya bermaksud untuk menghentikan perjudian ilegal aja. 

Etapi, pelarangan main game di Yunani dibuat secara tidak sengaja. Setelah larangan itu, kalian bisa masuk penjara loh kalo kalian nekat main game di Yunani. Termasuk kalo ketahuan ada game di laptop atau komputer kalian.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"