Asal Usul Paskah, Kenapa Harus Ada Telur dalam Perayaannya

Asal Usul Paskah, Kenapa Harus Ada Telur dalam Perayaannya

Kalian pasti tahu salah satu perayaan hari besar umat Nasrani yaitu Hari Paskah. Perayaan ini selalu identik dengan telur. Biasanya telur-telur itu dihias dengan gambar yang menarik dan berwarna-warni. Setelah itu telur-telur tersebut disembunyikan untuk kemudian dicari oleh anak-anak.

Lantas kenapa ya gengs telur dijadikan simbol perayaan Paskah? Bagaimana asal usul Paskah?

Awal Musim Semi

Awal Musim Semi Telur-telur Paskah (pixabay.com)

Paskah selalu dirayakan pada saat musim semi setiap tahunnya. Sedangkan musim semi itu identik dengan matahari terbit yang menghangatkan bumi setelah musim dingin.

Bagi orang Eropa, musim dingin itu merupakan musim yang sulit. Itu karena pasokan makanan hanya sedikit sehingga terasa berlangsung sangat panjang. Nah, pemberian telur di saat perayaan Paskah atau saat musim semi menjadi sebuah hadiah dari sedikitnya pasokan makanan itu.

Awal Kehidupan

Alasan kenapa paskah menggunakan telur sebagai bagian perayaannya karena telur merupakan simbol dari kelahiran dan awal kehidupan.

Hewan-hewan bukan mamalia akan melahirkan anaknya dengan cara bertelur. Bahkan pada dasarnya manusia juga lahir dari telur berupa sel telur ibu kita, begitu juga hewan mamalia yang lain.

Dari situlah ada pepatah dalam bahasa Latin Kuno, yaitu Omne vivum ex ovo yang berarti “semua kehidupan berasal dari telur”.

Meminta dan Mencari Telur Paskah

Pada zaman dulu, beberapa anak di Eropa pergi dari rumah ke rumah untuk meminta telur paskah. Kegiatan ini sama seperti kalau mereka meminta permen saat perayaan Halloween.

Nah, sedangkan untuk telur manis pertama yang dimakan untuk anak-anak itu dibuat sekitar 100 tahun yang lalu. Telur itu bukan telur sungguhan, teman-teman, tapi telur yang dibuat dari cokelat dan gula yang dihaluskan.

Kelinci dan telur paskah (pegipegi.com)

Sejak saat itulah, telur cokelat menjadi populer dan dijadikan hadiah saat Paskah datang. Biasanya orangtua memberitahukan anak-anaknya bahwa kelinci paskah menyembunyikan telur cokelat.

Setelah itu, anak-anak akan mulai berlomba untuk menemukan telur-telur yang disembunyikan kelinci paskah itu. Supaya lebih menarik, telur cokelat itu dihias warna-warni.

Nah, itulah asal usul Paskah bersama dengan telur-telurnya gengs. Meskipun ada dari kalian yang tidak merayakan hari tersebut, tetapi baiknya kita tetap menghormati dan bergembira karena Paskah adalah perayaan saudara-saudara kita yang juga ada di Indonesia.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"