Asal Usul Istilah ‘Skena’ yang Belakangan Sering Digunakan Anak Muda

Asal Usul Istilah ‘Skena’ yang Belakangan Sering Digunakan Anak Muda

Belakangan ini, banyak anak muda yang menggunakan istilah ‘skena’ dalam pergaulan mereka. Banyak juga yang memakai istilah ‘polisi skena’ ini untuk menyebut seseorang yang kerap menentukan mana yang layak disebut anak skena dan mana yang tidak, mana yang mainstream, mana yang sesuai dengan ciri khas ke-skena-an. 

Hahahaha! Daripada tambah bingung, yuk baca artikel ini sampai akhir untuk tahu apa itu skena yang lagi sering dipakai anak muda zaman now.

# Arti Kata ‘Skena’

# Arti Kata ‘Skena’ Anak skena musik Malang (cultura.id)

Menurut Ahli Bahasa dan Kepala Balai Bahasa Sulawesi Selatan, Ganjar Harimansyah, kata Skena ternyata merupakan akronim dari Sua, cengKErama, dan kelaNA.

Kata ‘sua’ memiliki arti berjumpa, ‘cengkrama’ berarti perjalanan untuk bersenang-senang, dan kelana berarti mengadapakan perjalanan ke mana pun tanpa tujuan,

Jika disesuaikan dengan fenomena anak muda saat ini, istilah ‘skena’ berarti kumpulan orang yang suka nongkrong sambil ngobrol dan jalan-jalan.

 Sementara itu, berdasarkan kamus daring, kata ‘skena’ merujuk pada makna polisemi scene, yaitu lingkup kegiatan, situasi, atau kegiatan yang sedang terjadi saat ini. Misalnya The Fashion Scene, atau The Rock Music Scene.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"