Arti Sahabat dalam Islam, Bersahabat Hingga Di Surga

Arti Sahabat dalam Islam, Bersahabat Hingga Di Surga

“Tidaklah seseorang diberikan kenikmatan setelah Islam, yang lebih baik daripada kenikmatan memiliki saudara (semuslim) yang saleh. Apabila engkau dapati salah seorang sahabat yang saleh maka pegang lah erat-erat.” [Quutul Qulub 2/17]

Kalimat tersebut diucapkan oleh sahabat Rasul Umar bin Khattab

Sahabat yang baik akan berlangsung hingga ke surga nanti. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, 

“Setiap orang akan dikumpulkan bersama orang yang ia cintai.’” (HR. Bukhari, no. 6170; Muslim, no. 2640)

Lalu Hasan Al- Bashri berkata,

”Perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang beriman. Karena mereka memiliki syafaat pada hari klamat.”

Arti sahabat dalam islam adalah sahabat hingga di surga nanti.

1. Memberikan Kritik dan Saran Sesuai Ajaran Islam

Memberikan saran sesuai ajaran islam (indy100.com)

Teman yang sholeh akan memberimu saran sesuai dengan tuntunan Islam. Dia juga tidak akan sembarangan memberikan kritik. Karena dia tahu apa yang baik dan benar menurut tuntunan agama islam. Arti sahabat dalam islam adalah dia yang bisa mengingatkan, memberi saran dan kritik yang baik.

2. Mendoakan Kebaikan

Arti sahabat dalam islam ada dia yang mau mendoakanmu tanpa diminta. Doa yang baik dari sahabat sholeh bisa jadi cepat dikabulkan oleh Allah SWT. Apalagi kalau shabat kamu itu tipe orang yang taat agama dan ibadahnya baik. Beruntung deh punya sahabat kayak gitu.

3. Mengajak kebaikan

Sahabat yang baik akan mengajak kebaikan (wisconsinmuslimjournal.org)

Namanya manusia kadang pas imannya turun bisa males buat sholat, baca Al Qur'an, sholat ke masjid dan melakukan ibadah lainnya. Arti sahabat dalam islam yang baik adalah dia yang bisa membuat ibadahmu tetap baik dan mau ngajak ibadah bareng. Ngajak kajian, ke masjid bareng, tilawah bareng dan lain sebagainya. Lagian, kalau sendirian terus kan kadang suka bosen atau males nih. Kalau ada temennya bisa semangat lagi deh.

4. Sifat Baik itu Menular



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"