Apple ID Selebritis AS Kembali Dibajak, Kini Kerugian Berupa Materi

Apple ID Selebritis AS Kembali Dibajak, Kini Kerugian Berupa Materi

Jika kalian pernah mengingat kasus 'the Fappening' di tahun 2014, kalian pasti tidak menyangka kalau kasus yang hampir mirip kembali terjadi. Namun kali ini bukan lagi berisi gambar-gambar tidak senonoh dari selebritis yang berhasil dibobol oleh hacker. 

Saat ini seorang hacker mengaku telah membajak Apple ID beberapa superstar Amerika seperti atlet NBA, NFL, dan rapper untuk sekadar dihambur-hamburkan saja. Warga Georgia, Kwamaine Ford, mengaku telah melakukan pembajakan ini setidaknya sejak Maret 2015.

Apple ID selebritis AS dibajak (apple.com)

Teknik menipu Ford adalah meminta para superstar tersebut agar menyerahkan rincian akun mereka melalui program phishing. Ia mengaku sebagai perwakilan customer support dari Apple.

Setiap kali dia berhasil, dia akan mengubah detail masuk dan berupaya mendapatkan informasi kartu kredit. Dia menggunakannya untuk membayar "ribuan dolar" perjalanan, furnitur, dan transfer uang.

Ford didakwa atas enam tuduhan pada April 2018, tetapi hanya mengaku bersalah atas satu tuduhan masing-masing penipuan komputer dan pencurian identitas yang diperparah. Hukuman akan berlangsung 24 Juni nanti.

Penipuan Phissing (indiancybersecuritysolutions.com)

Pejabat kejaksaan setempat tidak menyebutkan nama korban atau menjelaskan kerusakan yang terjadi. Tidak pasti bahwa Ford akan menghadapi waktu yang lama di balik jeruji ketika bahkan hukuman terberat dari Celebgate berjumlah kurang dari tiga tahun penjara.

Namun, itu adalah pengingat yang tidak terlalu halus bahwa skema phishing dapat berhasil melawan siapa pun, termasuk bintang olahraga dan musik yang seharusnya tahu bahwa mereka cenderung menjadi target.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"