Apakah Orang Belanda Kini Tahu Bahwa Dulu Negaranya Pernah Menjajah Indonesia?

Apakah Orang Belanda Kini Tahu Bahwa Dulu Negaranya Pernah Menjajah Indonesia?

Dalam mata pelajaran sejarah, kita semua tahu bahwa beberapa negara di Asia sempat mengalami masa penjajahan. Terutama di Indonesia sendiri ya, kolonial Belanda pernah menginjakkan kakinya cukup lama di Tanah Air.

Berbagai buku sejarah, data-data, dan catatan terkait menyebutkan bahwa Indonesia dijajah Belanda selama 350 tahun. Kolonial Belanda sendiri juga disebut-sebut datang ke Indonesia kala itu untuk mencari dan memperoleh rempah-rempah.

Belanda pernah menjajah Indonesia selama 350 tahun (kompas.com)

Setelah melewati masa sulit selama 3,5 abad itu, Indonesia akhirnya merdeka dari penjajahan Belanda pada 17 Agustus 1945. Kemerdekaan itu juga diperoleh dengan tumpah darah dari pahlawan yang menginginkan kemerdekaan Indonesia.

Kini, Indonesia telah berusia 75 tahun. Di usianya yang masih tergolong "muda" ini, banyak hal yang telah berubah. Banyak pihak pun mulai kembali mempertanyakan hal terkait sejarah Indonesia yang pernah dijajah Belanda dalam kurun waktu berabad-abad itu.

Jika kita telah mengetahui fakta bahwa Indonesia dijajah Belanda selama 3,5 abad, muncul pertanyaan penting. Sebenarnya, apakah orang Belanda kini tahu bahwa dulu negaranya pernah menjajah Indonesia?

Orang-orang Belanda tentunya tau hal ini (contiki.com)

Pertanyaan penting nih. Karena kita nggak boleh lupa dengan sejarah, begitu juga dengan orang-orang Belanda sendiri. Sebenarnya apa mereka lupa atau nggak tahu bahwa negaranya pernah menjajah Indonesia?

Terkait hal ini, beberapa orang menyebutkan pendapatnya di Quora.

Beberapa orang yang berusaha menjawab pertanyaan ini rata-rata sepakat bahwa orang-orang Belanda, baik orang tua ataupun anak muda, tahu bahwa negaranya pernah menjajah Indonesia.

Seorang penjawab dengan akun M Dzul Nurfaisal menyebutkan, "Sudah pasti penduduk negeri Belanda tahu bahwa negerinya dahulu pernah berjaya di seberang lautan, karena itu diajarkan di sekolah. Dan juga banyak komunitas Indonesia yang tinggal disana, jadi Indonesia bukanlah negara yang asing untuk mereka."

Salah satu lukisan yang bercerita tentang penjajahan Belanda di Tanah Air (medium.com)

Katanya, penduduk Belanda sendiri menyukai sejarah. Jadi tentu saja mereka tahu bahwa leluhur mereka dahulu pernah menguasai Indonesia yang dalam masa kolonial disebut Hindia Belanda.

Di samping itu, jawaban lain juga menyebutkan bahwa ada ikatan kuat antara masyarakat Belanda dengan Indonesia. Sebab, rata-rata anak muda di Belanda pasti punya orang tua yang dulunya pernah bertugas menjadi tentara Belanda di Indonesia.

Sementara penjawab dengan akun Akhmad Qurtubi menyebutkan bahwa sebenarnya mereka, atau orang-orang Belanda, itu tahu bahwa negaranya pernah menjajah Indonesia.

"Aslinya mereka tahu kalau negara mereka pernah menjajah Indonesia. Malah mereka tak segan-segan berbagi ilmu atas apa yang mereka baca dan mereka dapatkan ceritanya dari leluhur mereka," tulis Akhmad Qurtubi.

Ya, orang Belanda pun tak bisa memungkiri sejarah mereka sendiri (travelade.com)

Selain itu, akun Samuel NL menyebutkan hl serupa. Bahkan menurutnya, orang Belanda jaman sekarang nggak lupa untuk meminta maaf ketika arah pembicaraan tentang kolonialisme yang dilakukan negara mereka terhadap Indonesia di masa lampau.

"Di Belanda, banyak orang Belanda yang saya temui yang, kalau tiba-tiba topik pembicaraan menjurus ke kolonialisme Hindia Belanda, mereka minta maaf atau mengekspresikan rasa bersalah atau tidak suka atas kejadian tersebut."

Sementara akun Jonri Purwak menyebutkan alasan unik lainnya, "Dengan banyaknya restoran Indonesia di Belanda, sepertinya kebanyakan orang sana sudah tahu alasan mengapa banyak restoran Indonesia di Belanda."

Jadi, apakah orang Belanda kini tahu bahwa dulu negaranya pernah menjajah Indonesia? Kayaknya mereka tahu dan nggak pernah lupa bahwa negara mereka pernah menjajah Indonesia. Mereka pun tak segan untuk meminta maaf.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"