Apakah Kucing Mengenali Wajah Pemiliknya? Yuk, Cek Faktanya!

Apakah Kucing Mengenali Wajah Pemiliknya? Yuk, Cek Faktanya!

Halo cats lovers! Pernahkah kamu bertanya apakah kucing mengenali wajah pemiliknya? Yuk, simak jawabannya!

Kucing, bisa dibilang tidak dapat mengenali wajah hooman alias pemiliknya dan mereka juga tidak peduli dengan wajah pemiliknya seperti apa. Mau cantik banget seperti Raisa atau belangsak sekalipun, mereka tidak peduli. Inget, nggak peduli! Asyik, kan? Kucing juga nggak memandang rupamu yang rajin pakai skincare pagi dan malam.

Terkait hal tersebut, pada tahun 2005, para peneliti dari University of Texas dan Pennsylvania State University melakukan penelitian pada kucing dan anjing yang telah dilatih pada objek-objek berbeda.

Hasil penelitian ini menunjukkan perilaku kucing dimana mereka mengenali berbagai objek, termasuk wajah kucing tetangga dan wajah kucing nyasar, kecuali: wajah pemiliknya! Kesel kan! Bisa-bisanya!

Ilustrasi Kucing dan Pemiliknya (The Asia Parent)

Kemudian, bagaimana kucing-kucing kesayangan mengenali pemiliknya? Ternyata mereka bisa mengenali pemiliknya dari aroma tubuh, suara, gesture, dan lainnya.

Selain itu untuk pengenalan suara pemilik oleh para kucing, para peneliti dari Tokyo University menemukan bahwa kucing mengenali suara pemiliknya.

Mereka memainkan rekaman suara pemilik kucing dan orang asing (yang suaranya tidak pernah didengarkan oleh kucing sebelummya) yang memanggil nama kucing-kucing ini. Hasilnya? Kucing bereaksi paling kuat kepada suara pemiliknya.

Jadi dari suara juga? Jawabannya, iya. Pernah ada kasus seseorang mengalami "kehilangan" kucing gendut, yang seharian lenyap dari rumah. Sudah dicari dari pagi hingga malam, keliling komplek tapi nggak ketemu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"