Apakah Genetik Adalah Salah Satu Penentu Seseorang Menjadi Homoseksual? Berikut Penjelasan Ahli

Kaitan faktor genetik pada orientasi seksual menyukai sesama jenis sampai saat ini masih jadi perdebatan. Apakah benar seseorang yang gay “dilahirkan dengan cara ini”, bukannya membuat pilihan gaya hidup?

Namun beberapa orang khawatir bahwa temuan semacam itu dapat disalahgunakan untuk "membenarkan" homoseksualitas. Bagaimanapun, jika itu berkaitan dengan sains, kita sebaiknya tak membahas soal norma.

# Studi Baru Soal Faktor Genetik Menentukan Orientasi Seksual Seseorang

Gen manusia (nationalgeographic.grid.id)

Sebuah studi baru mengklaim bahwa satu gen atau segelintir gen membuat seseorang rentan terhadap perilaku menyukai sesama jenis.

Berdasarkan hasil penelitian genom hampir setengah juta pria dan wanita, ditemukan bahwa meskipun genetika pasti terlibat dalam soal orientasi seksual, tidak ada prediktor genetik khusus. Namun beberapa peneliti mempertanyakan apakah analisis ini, yang lebih terkait soal aktivitas seksual daripada ketertarikan, dapat dijadikan dasar kesimpulan nyata tentang orientasi seksual.

“Pesannya harus tetap sama bahwa ini adalah perilaku kompleks yang pasti berperan dalam genetika,” kata  seorang ahli biologi komputasi di perusahaan pengujian genetik 23andMe di Mountain View, California.