Apakah Benar Mobil Jenis Jip Identik dengan Penjahat? Ini Faktanya ..

Apakah Benar Mobil Jenis Jip Identik dengan Penjahat? Ini Faktanya ..

Pernahkan kalian menonton Film "Petualangan Sherina"? Jika pernah, ingatkan dengan adengan penculikan saat Sherina dan Sadam berjalan-jalan. Nah, coba sebutkan kendaraan yang digunakan oleh kawanan penculik tersebut. Betul, Jip!

Tak hanya itu, sekitar tahun 80 hingga 90an bahkan hingga tahun 2000an, entah mengapa mobil Jip sering digunakan menjadi kendaraan dari aktor yang berperan sebagai penculik atau penjahat di film atau sinetron Indonesia. 

Lalu darimana sih awalnya Jip ini identik dengan para penculik?

Umumnya mobil Jip digunakan untuk menarik genset yang digunakan para kru film atau sinetron karena mobil Jip biasanya memiliki performa yang baik. Tetapi untuk menghemat bujet, akhirnya mobil tersebut juga yang sering digunakan untuk kendaraan adegan penculikan atau adegan saat sedang melakukan kejahatan.

Salah satu jenis Jip paling terkenal di Indonesia sebagai mobil penculik dan penjahat adalah Toyota Land Cruiser FJ40. 

Alasannya tak lain karena tipe ini yang paling sering menghiasi adegan penculikan dan kejahatan di film atau sinetron Indonesia. Namun selain Toyota Land Cruiser FJ40, ada beberapa jenis Jip lain yang serupa dengan Land Cruiser FJ40. Berikut beberapa tipe Jip yang serupa dengan Toyota Land Cruiser sehingga sering disangka kendaraan penculik dan penjahat:

Suzuki Jimny

Suzuki Jimny Mobil Jip (Carmudi)


Pada tahun 1958 Suzuki membeli desain mobil dari perusahaan otomotif Jepang, Hope Motor Company, dan meluncurkan mobil dengan nama HopeStar ON360 pada April 1968. Mobil inilah yang menjadi cikal bakal Suzuki Jimny. Kemudian, di tahun 1970 Suzuki meluncurkan Jimny untuk pasar global. Peluncuran awal Suzuki Jimny era pertama berjalan sukses, dan mendapatkan banyak apresiasi dan menjadi trademark di pasar dunia otomotif.  

Tipe pertama yang diluncurkan pada 1970 adalah LJ10. Selanjutnya pada 1972, Suzuki meningkatkan kapasitas mesin pada LJ10, kemudian tipe ini dinamai LJ20.  Walau sudah 40 tahun lebih sejak diluncurkan, Suzuki Jimny tetap memiliki banyak penggemar di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan munculnya Suzuki Jimny generasi keempat di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"