Apa Sih yang Harus Dilakukan Biar Selalu Ngerasa Bahagia?

Apa Sih yang Harus Dilakukan Biar Selalu Ngerasa Bahagia?

Ada kalanya kamu ngerasa hidupmu segitu nggak bahagianya. Kuliah nggak lulus-lulus, belom dapat kerjaan, penghasilan segitu-segitu aja, pacar nggak punya, dan blablabla yang selalu kamu keluhin. Emang sih masalah dalam kehidupan itu kadang nggak bisa dihindari, begitu juga dengan kemajuan yang kadang susah banget dicapai. Yang ada kamu malah stres sendiri dan ngerasa kehidupanmu begitu nggak adil sampai lupa bahagia itu kayak apa sih. 

Bahagia itu sebenernya sederhana, mau tau caranya?

Menentukan definisi bahagia

Menentukan definisi bahagia Apa sih bahagia menurut kamu (youworkforthem.com)

Emang ada ya standar internasional yang menentukan bahagia itu apa? Mungkin sekarang kamu kepikiran kalo bahagia itu punya kerjaan yang oke, gaji tinggi, punya barang mewah, bisa liburan sering-sering,  juga udah menikah. Apa iya orang yang punya semua itu jaminan bahagia? Bisa jadi nggak seperti yang kamu lihat lho. Makanya, daripada pusing sendiri sama standar yang nggak jelas, mendingan tentuin sendiri definisi bahagia buat kamu itu apa sih?

Jangan bandingin sama orang lain

Jangan bandingin sama orang lain Fokus sama diri sendiri aja deh (atheistalliance.org)

Cara paling gampang buat jadi nggak bahagia dalam waktu singkat adalah: membandingkan diri sama orang lain. Duh kayaknya si A enak banget ya hidupnya karena belanja terus, belom lagi si B yang hobinya belanja barang mewah, eh terus si C udah nikah dan kayaknya bahagia. Ya, kebiasaan ini beneran bisa bikin kamu jadi stres sendiri lho. Padahal, kamu juga nggak tahu kan perjuangan orang-orang itu buat ngedapetin apa yang kamu lihat itu kayak apa. Bisa aja kan si A kerja lebih keras, si B nabung sampai lama banget, dan si C juga aslinya  nggak bahagia-bahagia amat.

Bersyukur

Nah, kalo cara paling ampuh buat kamu ngerasa bahagia secara instan adalah berysukur. Cobain deh rajin nulis gratitude journal tentang hal-hal yang kamu syukuri. Misalnya nih, kamu bersyukur karena keluargamu masih lengkap dan sehat, kamu pun sehat dan punya pekerjaan tetap, kamu punya tempat tinggal dan makanan yang layak, atau karena kamu masih bisa nongkrong dan sesekali belanja. 

Bisa juga dengan hal yang lebih receh, misalnya kamu bersyukur karena pagi ini nggak macet, hujan turun jadi bikin adem, kamu dapat tiket nonton gratis, tiba-tiba dikasih makanan kesukaan sama pacar, dan sebagainya. 

Semakin banyak kamu mengingat hal-hal yang kamu syukuri, semakin ngerasa bahagia juga lho.

Melakukan sesuatu untuk orang lain

Melakukan sesuatu untuk orang lain Melakukan kegiatan berfaedah (spunout.ie)

Cara lain biar kamu ngerasa bahagia adalah dengan melakukan sesuatu buat orang lain. Ya, berbuatlah kebaikan buat orang lain dan kamu bakalan ngerasain dampak positifnya. Misalnya nih, beliin sarapan lebih buat tukang parkir di kampus atau OB di kantor, bantu ibu beres-beres rumah, aja keluarga jalan-jalan, atau jadi volunteer buat bantu anak-anak belajar. Dijamin auto bahagia banget deh!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"