Apa Sih Manfaat Ciuman? Yuk Cari Tahu Jawabannya!

Apa Sih Manfaat Ciuman? Yuk Cari Tahu Jawabannya!

Banyak orang menjadikan ciuman sebagai ekspresi cinta pada pasangannya. Dalam film-film pun ciuman sering digambarkan oleh pasangan yang sedang dimabuk cinta. 

Ciuman terdiri dari kecupan di kening, pipi, hidung dengan hidung, juga cium bibir dengan beragam gaya berbeda. Kamu pasti sering dong mendengar istilah french kiss? Ya, itu cuma salah satunya saja dari sekian banyak. 

Selain soal koneksi antar pasangan, ciuman ternyata punya banyak manfaat lho, baik untuk hubungan itu sendiri, juga buat kesehatan.

Cium kening (freedesignfile.com)

Meredakan stres dan bikin bahagia 

Ternyata ciuman sama pasangan bisa mengurangi stres di antara kalian berdua, lho. Kalau lagi pusing sama kerjaan, misalnya, coba deh mencium pacarmu. Setelahnya, pasti kamu merasa lebih baik.

Ini karena waktu ciuman, tubuhmu mengeluarkan hormon stres kortisol dan menggantinya dengan hormon oksitosin yang bikin kamu ngerasa lebih tenang dan terbebas dari aura negatif. Nah, saat ciuman, tubuh juga melepaskan hormon endorfin yang juga bikin kamu lebih happy setelahnya.

Cium bibir (mantelligence.com)

Membakar kalori

Nggak cuma olahraga, ciuman juga bisa bakar kalori, lho. Ciuman yang penuh gairah bisa membakar dua sampai enam kalori, sedangkan ciuman dengan lidah bisa bakar kalori lebih banyak, sampai 26 kalori per menit karena melibatkan pergerakan otot wajah. 

Mengurangi efek alergi

Ada penelitian di Jepang yang menyatakan bahwa ciuman selama 30 menit bisa mengurangi efek terhadap alergi. Ciuman bisa mengurangi produksi IgE pada tubuh, yang merupakan cara tubuh buat bereaksi terhadap alergen.

Pasangan berciuman (daysoftheyear.com)

Hubungan makin mesra 

Berciuman secara rutin bisa bikin hubungan makin mesra dan bahagia. Ini karena kalian sama-sama menunjukkan perasaan cinta dan kasih sayang. Namun, pastikan kamu pun melakukannya dengan kesadaran penuh dan nggak terpaksa biar bisa mendapatkan manfaatnya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"