Apa Saja Tips dan Trik Penting yang Harus Diketahui Saat Membeli Rumah? Check This Out!

Apa Saja Tips dan Trik Penting yang Harus Diketahui Saat Membeli Rumah? Check This Out!

Melihat kondisi harga tanah yang makin hari makin naik, agaknya para kaum milennial perlu untuk memikirkan mulai membeli rumah dari sekarang. Hal tersebut tentu disebabkan karena beberapa faktor, selain faktor usia muda dan masih semangat bekerja, ya tentu karena semakin menunda, maka akan semakin sulit memiliki rumah impian karena harganya makin tak masuk akal.

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, seseorang harus tau beberapa kriteria rumah yang baik biar nggak nyesel di kemudian hari. Lalu, apa sajakah tips dan trik penting untuk diketahui saat membeli rumah? Yuk, cek ulasan berikut:

Ilustrasi Jual Beli Rumah (Rumah.com)

1. Datangi Rumah saat Pagi dan Malam

Pagi untuk melihat apakah arus jalanan macet terkena bottleneck para pekerja, sedangkan malam untuk melihat suasananya apakah aman atau tidak, apakah sering dijadikan tempat parkir, dan sebagainya.

Jangan sampai tiba-tiba kamu nggak nyaman di rumah karena kaget sama situasi siang dan malam yang sangat jauh berbeda. Buat apa beli rumah murah dan dekaat dengan banyak fasilitas kalau terlalu ramai dan malah bikin nggak tenang.

2. Datang dan Survei Rumah Ketika Hujan

Sebenernya mager sih kalau harus ngecek calon rumah baru pas lagi hujan, tapi ini salah satu cara mengecek letak kebocorannya berasal dari mana aja, tampias air dari mana aja, banyak tembok yang kena air nggak? dan sebagainya.

Ini cara paling ampuh sih, daripada hanya sekadar mengecek plafond. Sebab, kebocoran bisa aja terjadi karena tampias dari jendela dan sebagainya.

3. Langsung Cek Kamar Mandi atau Toilet

Ini yang paling penting. Pertama, cek flush toilet, ada kendala atau tidak? Cek ada bocor tidak di bagian leher angsa. Berikutnya, ambil 2 gayung air, siramkan di lantai, ini untuk mengecek apakah lantai keramik sudah dikerjakan dengan baik atau belum jadi air sudah mengalir ke area floor drain atau belum.

4. Cek Stop Kontak

Bawa test pen listrik. Hanya dengan modal belasan ribu rupiah, kamu bisa terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan. Pertama cek satu-persatu lubang stop kontak apakah menyala atau tidak? Sayang kan kalau harus bongkar-bongkar lagi ketika rumah tersebut sudah dibeli.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"