Apa Itu Tumblr? Ini Fitur-Fiturnya yang Harus Kalian Tau

Apa Itu Tumblr? Ini Fitur-Fiturnya yang Harus Kalian Tau

Siapa yang punya akun Tumblr? Zaman sekarang ini mungkin media sosial kayak Twitter sama Instagram lebih populer dibanding Tumblr. Jadi, nggak banyak remaja sekarang yang tau dan punya akun Tumblr.

Lalu, apa sih Tumblr itu? Tumblr adalah layanan blogging kayak Blogger atau WordPress. Tapi, formatnya lebih simple. Lalu, penggunanya juga bisa saling berinteraksi.

Tumblr punya fitur untuk saling mengikuti dan like postingan antar pengguna. Tapi, nggak kayak sosmed, layanan Tumblr lebih luas, Makanya, Tumblr lebih dianggap sebagai platform blogging.

Platform ini muncul kira-kira tiga tahun abis Facebook dirilis, yaitu Februari 2007. David Karp adalah orang yang pertama punya gagasan ini. Karp juga udah lama punya ketertarikan tinggi di dunia tumblelogs, versi pendek dari blog.

Berikut beberapa fitu-fitur Tumblr yang harus kalian ketahui. Siapa tau nanti kalian jadi tertarik untuk pakai Tumblr.

1. Blog

Fitur utama Tumblr sebenernya adalah blog. Jadi, ini kayak WordPress dan Blogger, nanti pengguna bisa bikin alamat dan nama blog yang diinginkan. Nanti kalian bisa bikin 2 blog, yaitu blog primary dan secondary.

2. Dashboard

dashboard Tumblr (piunikaweb.com)

Tumblr memiliki Dashboard atau panel admin yang fungsinya untuk me-manage konten, desain, logo, deskripsi blog, dan sebagainya. Wordpress dan Blogger juga mempunyai dashboard semacam ini. Pengguna juga bisa buka dashboard lewat smartphone, loh.

3. Reblog

Fitur ini bakal bikin kalian bisa me-repost atau menerbitkan ulang postingan blog lainnya. Kalo di Instagram namanya repost. Nanti juga akan muncul keterangan penulis aslinya di fitur repost Tumblr ini.

4. Follow dan Like

Tumblr (emilythebraun419.tumblr.com)

Hampir sama kayak Instagram, pengguna dapat saling terhubung dengan saling follow dan menyukai postingan.

5. Pesan dan Chat

Tumblr punya fitur pesan dan chat yang paling lengkap dibanding yang lain. Inilah yang membuatnya istimewa. Jadi kayak gabungan antara blogging dan media sosial gitu. Kalian bisa ngeshare postingan sekaligus berinteraksi dengan sesama pengguna deh.

Kalo mau bikin akun Tumblr juga gampang. Kalian tinggal masuk aja ke halaman Tumblr.com, klik "Get Started" dan lanjutkan sesuai perintahnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"